10 Milliar Lebih, Dinsos Magetan Cairkan BST Kemensos


ARYA-MEDIA, Magetan – Sebanyak 10 Milliar lebih, Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial (Kemensos), sudah direalisasi Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Magetan. BST berwujud uang tunai sebesar Rp. 600 ribu perbulan, diberikan kepada masyarakat akibat terdampak pandemi Covid-19 selama periode bulan April, Mei, dan Juni.

Dari pantauan di lokasi, lounching pembagian BST tahap pertama ini, diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si. Bertempat di pendopo Kelurahan Kepolorejo Kecamatan/Kabupaten Magetan, kegiatan ini dikuti secara serentak oleh seluruh Desa/Kelurahan yang ada di wilayah Kabupaten Magetan. Selasa (12/5/2020).

“Mau tidak mau, kita harus menghadapi pandemi Covid 19 ini bersama-sama. Semoga, bantuan BST ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga Magetan,” kata Bupati Suprawoto, dalam sambutannya.

Yayuk Sri Rahayu, Kepala Dinas Sosial Kab Magetan.

Sementara, Kepala Dinsos Kabupaten Magetan, Yayuk Sri Rahayu menjelaskan, jumlah penerima BST untuk wilayah Magetan sebanyak 17.293 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan total anggaran Rp. 10.375.800.000,00-.

“Jumlah total penerima BST Kemensos Kabupaten Magetan sebanyak 17.293 penerima. Data tersebut sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari pusat,” jelasnya kepada Arya Media, Selasa (12/5).

Selain itu, pembagian bantuan BST di Kabupaten Magetan, bekerjasama dengan PT Pos Indonesia melalui bank Himbara sebanyak 16.989 KPM. Selebihnya dialokasikan melalui bank lain sebagai pihak ketiga.

“Dari kuota 17.293 KPM, data yang masuk di kantor pos dan bank himbara baru 16.989 KPM. Sisanya 304 KPM melalui bank lain,” jelas Kepala Dinsos Magetan.

Sebagai informasi, menghadapi pandemi Covid-19, Pemerintah memberikan bantuan uang tunai kepada masyarakat terdampak sesuai dengan DTKS, atau biasa disebut BDT. Yang artinya database berisi data kesejahteraan sosial dengan berbagai macam kriteria pada masing-masing Individu dan Rumah Tangga. Data tersebut berdasarkan KEPMENSOS/19/HUK/2020 Tahun 2020 Periode 1, Bulan Januari. (Ren)

 1,967 total views,  14 views today


One thought on “10 Milliar Lebih, Dinsos Magetan Cairkan BST Kemensos

  • 27/05/2020 at 00:31
    Permalink

    mas,pak,buk saudara² semua…
    saya mau tanya…
    bgaimana cara melaporkan kasus bst yg tdk pernah cair pada yg berhak mendapatkanya…

    Krn rt/pamong desa di tempat kami itu seolah² menggunankan sistem famili…

    di mana saya harus melaporkan kejadian seperti ini,bpk saya mendapat bantuan tp tdk pernah sampai ke bpk saya…

    trm ksh

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!