10 Netizen Diamankan Polisi, Diduga Sebar HOAX Terkait Corona


ARYA-MEDIA, Magetan – Ada sepuluh (10) orang warga Magetan, harus berurusan dengan pihak Kepolisian Polres Magetan. Dari 10 Netizen tersebut, diduga telah menyebarkan berita Hoax terkait pemberitaan bohong Virus Covid-19 (Corona) kepada masyarakat melalui media sosial (Medsos).

“Ada 10 netisen yang kita amankan, semuanya adalah warga Magetan dengan profesi bermacam-macam, diantaranya ada swasta, ada pegawai, bahkan ada yang berprofesi dokter ,” Kata Kapolres Magetan, AKBP Festo Ari Permana, melalui AKP. R. W. Raja Pratama, Kasat Reskrim Polres Magetan, Senin (16/03/2020).

Dijelaskan Kasat Reskrim Polres Magetan, sebagai pengembangan 10 netizen tersebut masih dalam penyelidikan Polres Magetan. “Sementara ini kita masih mengumpulkan bukti-bukti dari keterangan mereka. Karena tergolong massif dan sudah menyebar kemana-mana, maka kita lakukan tindakan prefentif supaya berita Hoax tersebut tidak meluas,” jelasnya.

Selain itu, apabila dalam penyelidikan kepada 10 netizen tersebut terbukti bersalah maka Polres Magetan akan memberikan tindakan hukum sesuai undang-undang yang berlaku.

“Sesuai pengakuannya, mereka hanya menerima berita dan me-forward (meneruskan) tanpa mengecek validasi berita tersebut darimana sumbernya. Sebagai tindak lanjutnya, apabila hal ini terbukti bersalah, maka akan kita dikenai undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara,” pungkas AKP R. W. Raja Pratama.

Sebagai informasi bahwa, berita Hoak yang disebarkan 10 netizen tersebut  adalah, postingan informasi istri Almarhum warga Magetan selaku pasien virus corona yang meninggal dunia di rumah sakit dr Moewardi Surakarta Jawa Tengah pada Rabu (11/03) lalu.

Disisi lain, sesuai pernyataan dr.Hari widodo Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magetan, bahwa istri Almarhum hingga sampai saat ini masih dalam perawatan diruang isolasi rumah sakit dr Soedono Madiun. Bahkan kondisi istri almarhum tersebut sudah semakin membaik. (Ren)

 5,998 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!