1001 Kasus Terungkap Dalam Operasi Sikat Semeru 2017



Banyuwangi, Arya Media – Jelang Natal dan Tahun Baru 2018, Polres Banyuwangi patut diacungi jempol, karena dalam beberapa hari terakhir telah berhasil mengungkap 1001 kasus. Yaitu mengamankan 1001 orang yang merupakan pelaku beberapa kasus selama pelaksanaan Operasi Sikat Semeru 2017. Dalam hal ini 1001 orang tersebut mendapatkan sanksi berbeda-beda sesuai dengan pelanggaran yang dilakukannya.

Kapolres Banyuwangi, AKBP Donny Adityawarman memaparkan, 1001 orang itu terbagi dalam 7 kasus, antara lain kasus pencurian disertai dengan kekerasan (Curas), pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), penyalahgunaan narkoba, premanisme dan minuman keras serta kasus-kasus lainnya.

Kapolres juga menjelaskan, bahwa pengungkapan yang paling banyak adalah kasus premanisme, yaitu 412 kasus yang membuat 674 orang menjadi tersangka. Sanksi yang akan diberikan pada pelaku premanisme ini berfariatif mulai dari pembinaan, hingga tindak pidana ringan (Tipiring), dan pidana.

Baca Juga :  SMPN 2 Karangrejo Tampil All-Out Dalam Karnaval HUT RI Ke-73

“Kasus premanisme ini sangat meresahkan masyarakat, namun tidak melakukan tindak pidana. Jadi hanya kita lakukan pembinaan saja supaya ada efek jera,” terang Kapolres pada Jumat siang (22/12/17).

Pelaku minuman keras (Miras), telah menempati posisi kedua dalam kasus tersebut, yaitu sebanyak 185 kasus berhasil diungkap dengan jumlah tersangka 293 orang. Dalam kasus ini, polisi  berhasil mengamankan 1576 botol dan 100 jurigen arak bali, sedangkan 276 botol adalah minuman keras pabrikan yang terdiri dari berbagai macam merek.

Baca Juga :  Polres Temanggung Adakan Gaktibplin Jelang Operasi Lilin Candi 2017

Menurut Kapolres Donny Adityawarman, Operasi Sikat Semeru dilaksanakan sejak Tanggal 11 sampai 20 Desember lalu, yang pelaksanaannya dilakukan secara menyeluruh hingga ke jajaran Polsek. Ini merupakan awalan dari pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2017 untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018.

“Semoga pelaksanaan Natal dan tahun baru ini bisa terlaksana dengan aman dan tertib,” pungkasnya pada media. (tim/red)

 268 total views,  3 views today

Baca Juga :  Ribuan Warga Blitar Tidak Menerima Dana PKH


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!