2 Nenek Berusia Lanjut Tidak Tercover Bansos Pemerintah


ARYA-MEDIA, Probolinggo – Maraknya Bantuan Sosial (Bansos) Pemerintah untuk membantu warga terdampak pandemi Covid-19, Nenek kakak beradik yang berada di Desa Giliketapang Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur, tidak tersentuh sama sekali Bansos dari Pemerintah.

Informasi yang dihimpun, dua nenek yang berusia lanjut tersebut, mengasuh seorang anak gadis yang masih duduk di bangku SLTP di salah satu Pondok Pesantren (Ponpes) di Wilayah Kota Probolinggo. Selain itu, dengan ekonomi yang sangat pas-pasan, kedua nenek yang kesehariannya sebagai buruh jasa dan pengangguran itu, juga merawat kedua cucunyam yang masih berusia 4 tahun.

Nenek tersebut bernama Juana (70) dan adiknya Juati (65), bertempat tinggal di Dusun Mujahidin, RT.008/RW.002, Desa Gilikketapang, Kecamatan Sumberasih Probolinggo, dengan kondisi sebagai masyarakat miskin.

Untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya, Nenek Juana terpaksa harus menjadi buruh jasa angkat Solar untuk bahan Bakar Perahu di pelabuhan giliketapang. “Untuk sekali angkat, saya menerima upah Rp.2000 hingga Rp.5000, tergantung kedermawanan majikan,” ujarnya, Jumat (12/6/2020).

Sementara itu, nenek Juati hanya tinggal di rumah untuk mengurus cucu-cucunya. Juati mengaku, sudah lama mengurus ke-2 cucunya pasca kedua orang tuanya bercerai.

“Kalau Ibu dari kedua cucu saya ini, sedang berkerja keluar Negeri sebagai TKW. Tapi, beberapa bulan terkhir ini mereka tidak mengirimkan biaya untuk anaknya yang masih membutuhkan susu formula,“ ungkapnya.

Terjedanya pengiriman tersebut, diduga lantara Pandemi Covid-19 yang terjadi di sejumlah Negara baik di Asia maupun Eropa. Ironisnya lagi, kedua Nenek tersebut tidak pernah menerima Kartu Bansos, bahkan BLT Dana Desa (DD). Meskipun keduanya merupakan tergolong orang tidak mampu, dan sama-sama memiliki Kartu Keluarga (KK) secara Terpisah.

Saat dikonfirmasi kepada Kepala Desa (Kades) Giliketapang, Suparyono,  belum memberikan penjelasan terkait kedua warganya tersebut. (Win)

 1,161 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!