3 Orang Tewas Tenggelam Saat Mandi di Dam Wates


ARYA-MEDIA, Madiun – Tragedi nahas, menimpa lima (5) orang warga Ponorogo saat mandi selepas bekerja. Berniat untuk melepas penat setelah bekerja, lima orang tersebut justru tenggelam saat berenang di Dam Wates, masuk Dusun Wates, Desa Kebonagung, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jum’at (6/9/2019) siang.

Dari kelima pekerja proyek yang tenggelam, 3 orang meninggal dunia, dan 2 lainnya masih selamat. Korban diketahui bernama, Didin Sapudin, Suwanto dan Eko Rudiyanto, meninggal di lokasi kejadian. Sedangkan korban selamat adalah Dian Adi dan Bayu Eko Nurcahyono.

Menurut keterangan salah satu warga setempat, kejadian bermula para kekerja sedang membangun jalan di dusun tersebut. Kemudia, usai bekerja, korban Didin dan Suwanto bersama ketiga temannya, mandi di Dam Wates yang tidak jauh dari lokasi tempat mereka bekerja. Tiba-tiba sekitar 30 menit berenang, keduanya mengalami tenggelam di sisi barat dam.

Tim SAR Ranger Saat Evakuasi Korban Tenggelam

Dari sisi barat Dam, Eko Rudiyanto langsung berusaha menolong kedua temannya, namun nahas, Eko Rusdiyanto juga ikut tenggelam karena terpeleset ke dalam air Dam tersebut. Mengetahui ketiga rekannya tenggelam, Dian Adi dan Bayu Eko bergegas naik dari Dam tersebut, kemudian berteriak kepada warga setempat.

“Dari keterangan warga setempat, tiba-tiba ada orang berteriak minta tolong. Orang itu adalah dua orang temannya yang selamat. Menurut ceritanya, bahwa ketiga temannya tenggelam di dalam Dam Wates,” terang Broto Sanjoyo, Komandan SAR Sikathan, (6/9).

Broto menjelaskan, sebelumnya para korban sudah diperingatkan oleh warga setempat untuk tidak mandi di Dam karena kondisi air yang keruh dan dalam. Namun, peringatan tersebut tidak dihiraukannya. “Sebelumnya, sudah diperingatkan oleh warga setempat, namun peringatan itu tidak mempan,” jelasnya.

Diinformasikan bahwa, dalam proses pencarian petugas BPBD, Team SAR gabungan , TNI dan Polri, korban ditemukan sekira pukul 15.30 WIB dibantu masyarakat sekitar. Kemudian, ketiga jenazah korban langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk divisum. (endik)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *