3 Program Utama Pemkab Ngawi Dalam RKPD Tahun 2019


ARYA-MEDIA, Ngawi – Berdasarkan ketentuan pasal 1 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang didanai APBD Daerah pada tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi melakukan strategi program pembangunan yang akan dilakukan kedepannya.

Tahapan demi tahapan sudah dilakukan, mulai dari persiapan penyusunan RKPD, penyusunan rancangan awal (Ranwal) RKPD, penyusunan rancangan RKPD, pelaksanaan musrenbang RKPD, perumusan rancangan akhir RKPD, dan penetapan RKPD melalui peraturan Kepala Daerah.

Baca Juga :  Menuai Reaksi, Berkibarnya Bendera Merah Putih Berspasi Silver

Untuk RKPD Kabupaten Ngawi Tahun 2019, mengacu pada Arah Pembangunan pada RPJPD Kabupaten Ngawi Tahun 2005-2025,  yaitu RKPD melanjutkan program pembangunan dan meningkatkan pencapaian target-target yang telah tercapai dalam peningkatan pembangunan Kabupaten Ngawi.

Menurut keterangan Indah Kusuma Wardani, selaku Kepala Dinas Badan Pemerintah Daerah (Bapeda) Kabupaten Ngawi menjelaskan bahwa, Pemerintah kabupaten Ngawi telah menetapkan 3 Rencana  Strategis (RENSTRA) utama. “Pemkab Ngawi akan melakukan upaya pembenahan dalam peningkatan pembangunan”, katanya.

Baca Juga :  Polresta Sidoarjo Gelar Rakor Persiapan Pilkades Serentak 2020

“yaitu akan menurunkan Tingkat Kemiskinan yang masih Tinggi diatas Nasional dan Provinsi, memanfaatkan Potensi Ekonomi yang belum Termanfaatkan secara optimal, dan menanggulangi adanya Kesenjangan Perlayanan Dasar masyarakat dan akses pelayanan antar wilayah”, terang Indah Kusuma kepada Arya-Media (10/12/2018).

Dari ketiga RENSTRA tersebut, lanjut Kadin Bapeda, bahwa Pemkab Ngawi menentukan program prioritas utama guna mengatasi isu-isu strategis tersebut.

“Dengan menurunkan Kemiskinan, Peningkatan Pelayanan Dasar, dan Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi, maka pembangunan Kab. Ngawi akan berhasil sesuai RKBPD yang sudah disepakati”, jelasnya.

Baca Juga :  News Update : Bertambah 4 Orang Terconfirm Positip, Warga Kecamatan Maospati dan Karas

Masih dengan Kadin Bapeda menambahkan bahwa, dari Program tersebut, harus didukung dengan Peningkatan Kualitas Infrastruktur, Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Serta Peningkatan Budaya dan Kondusifitas Daerah, maka program Pemerintah akan berjalan dengan baik dan lancar.

“Dengan didukung kualitas insfrastruktur, tata kelola pemerintahan yang baik, dan peningkatan budaya serta kondusifitas, Insa’allah Ngawi akan maju dan berkembang pesat”, pungkasnya. (adv-bapeda/yn/redk)

 1,950 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!