google-site-verification: google13bd4c39d137e058.html

37 Mahasiswa Bakal Tempuh Pendidikan Kulit D1 ATK di Magetan


ARYA-MEDIA | MAGETAN – Program pendidikan setara Diploma 1 tahun ajaran 2021 Politeknik Akademi Teknik Kulit (ATK) Yogyakarta di Magetan, bakal dimulai pada awal Maret 2021 mendatang.

Sebanyak 37 mahasiswa dari Kabupaten Magetan dinyatakan lolos seleksi tes calon Mahasiswa Baru (Maba) ATK Yogyakarta pada (12/2) lalu. Mereka bakal menempuh program pendidikan produk kulit, dengan 44 SKS (Satuan Kredit Semester).

Direktur ATK Yogyakarta, Drs. Sugiyanto, S.Sn., M.Sn mengatakan, bahwa program pendidikan tersebut bertujuan untuk menghasilkan lulusan setara D-1 kompeten, dalam menumbuhkan wirausahawan baru dibidang produk kulit.

Baca Juga :  Tampak Indah : Antusias Warga Dalam Memepringati HUT RI Ke-73

“Mereka (Maba red) bakal dibimbing oleh dosen tetap dan tidak tetap dari Politeknik ATK Yogyakarta, serta praktisi perguruan tinggi lain dan Tim pengajar Pemda Magetan,” kata Sugiyanto, Rabu (24/2).

Dijelaskan Sugiyanto, mahasiswa baru akan menempuh sistem perkulihan sebanyak 44 SKS yang dibagi 40 % teori dan 60% praktek, dengan jadwal perkuliahan sistem Blok. “Di akhir kuliah, akan ada magang di dunia industry kulit, dan dilanjutkan Uji Kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dalam naungan BNSP,” jelasnya.

Baca Juga :  Sambut Tahun 2020, Desa Grabahan Tingkatkan Insfrastruktur Jalan Semi Hotmix

Ia juga berharap, perguruan tinggi ATK di Magetan dapat menghasilkan embrio wirausahawan produk kulit, serta membantu Kabupaten Magetan dalam mengembangkan industri kulit. “Setelah lulus diharapkan mampu menjadi wirausahawan baru dalam produksi alas kaki maupun produk kulit,” ungkap Direktur Politeknik ATK, (24/2). ⁣⁣

Sementara itu, Bupati Magetan Suprawoto menjelaskan, alasan didirikannya ATK adalah untuk memajukan industri kulit khususnya di Kabupaten Magetan, serta membuat persebaran perguruan tinggi di Jawa Timur bagian barat semakin merata.

Baca Juga :  Pemkab Bersama Kodim Bojonegoro Jelajah Dusun, Wilayah Pemerataan Pembangunan Dijadikan Sasaran KBSB

“ATK Yogyakarta disebut sebagai perguruan tinggi satu-satunya di Asia Tenggara. Sebuah negara disebut maju apabila terdapat minimal wirausaha 40 persen,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pembukaan perdana program pendidikan setara Diploma 1 ATK Yogyakarta di Magetan, dibuka secara simbolis dengan menyematkan jas almamater oleh Bupati Suprawoto, kepada mahasiswa dan mahasiswi baru, di Pendapa Surya Graha Kabupaten Magetan. (Ren)

 312 total views,  6 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!