Agar Lalu Lintas Lancar, Petugas Gabungan Lakukan “Ram Check” Kendaraan


ARYA-MEDIA, Ngawi – Persiapan menyambut Natal dan Tahun Baru 2020, petugas gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ngawi, bersama Polres Ngawi dan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Ngawi, melakukan “Ram Check” (Pengecekan Kendaraan) terhadap sejumlah kendaraan bus antar provinsi, di Terminal Penumpang Type A, Kertonegoro Ngawi, pada Jumat (20/12/2019).

Dalam kegiatan tersebut, tidak hanya dilakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan saja, namun meliputi berbagai hal diantaranya, surat kelengkapan kendaraan dan sopir, serta pemeriksaan kesiapan pengemudi dari pengaruh narkoba dengan dilakukan tes urine.

Kepala UPT Terminal Penumpang Type A Kertonegoro, Ali Imron Hariyadi, mengatakan bahwa, kegiatan tersebut merupakan operasi gabungan yang bertujuan untuk mempersiapkan lalu lintas di Jawa timur khususnya wilayah Kabupaten Ngawi, agar berjalan ancar dalam menyambut natal dan tahun baru.

Petugas Lakukan Tes Urine Pada Pengemudi Bus.

“Kegiatan ini, untuk mempersiapkan lalu lintas di Jawa Timur khususnya Ngawi, agar tidak menjadi hambatan bagi para pemudik. Maka dari itu, kami lakukan pemeriksaan baik secara administrasi maupun teknis,” kata Ali Imron Hariyadi, Jum’at (20/12).

Imron menjelaskan, pemeriksaan secara teknis dalam kegiatan tersebut meliputi alat-alat yang penting yaitu lampu, ban kendaraan, rem, serta kelengkapan peralatan bongkar pasang sebagai antisipasi.

Menurutnya, sampai pukul 14.30 WIB, lebih dari 20 kendaraan bus telah dilakukan pemeriksaan beserta pengemudinya. “Dari pemeriksaan sementara, seluruh kendaraan dinyatakan dalam keadaan baik. Untuk hasil tes urine bagi sopir bus, seluruhnya dinyatakan negatif atau tidak terpengaruh obat-obatan terlarang dan Narkoba,” jelas Kepala UPT Terminal Kertonegoro Kabupaten Ngawi..

Sementara, hasil pemeriksaan surat kelengkapan kendaraan, pihaknya menemukan kendaraan dengan berbagai pelanggaran selama tahun 2019. “Sesuai prosedur, kami lakukan tilang bagi kendaraan yang melanggar. Dari 463 bus, kebanyakan melanggar pasal 308 dan 276 terkait uji KIR dan Kartu Pengawasan,” pungkasnya. (Endik)

 650 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!