Ajak Para Peternak Budidayakan Sapi Perah, Pemkab Magetan Berjanji Akan Gandeng Pihak Nestle Langsung


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan melalui Dinas Peternakan Dan Perikanan Kab. Magetan, menggelar sarasehan bersama para Peternak Sapi Perah di Lingkungan Singolangu, Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Magetan, Selasa (27/11/2018).

Dengan tema “NgopiSusu Bareng Bupatiku” acara digelar dalam rangka sosialisasikan pembudidayaan sapi perah bersama para peternak se-Kecamatan Plaosanan, sebagai upaya Pemerintah untuk mensejahterakan rakyat.

Tak tanggung-tanggung, kali ini Pemkab melalui Disnakan Kab. Magetan mendatangkan beberapa sang ahli dan juga asli putra daerah sebagai narasumber dalam membudidayakan sapi perah. Yaitu untuk memberikan pemaparan bagaimana cara mengembangkan serta membudidayakan sapi perah. Semua itu sejalan dengan visi misi Bupati Magetan untuk mensejahterakan para peternak khususnya sapi perah.

Baca Juga :  Status Belum Jelas, Satpol PP Tidak Berani Segel BANGLI

“Kami sengaja mendatangkan ahlinya sebagai narasumber dari Unibraw jurusan peternakan dan IPB, sekaligus asosiasi peternak dari Bogor. Mereka semua berpengalaman di bidang ternak sapi perah. Dan senangnya lagi, mereka juga asli orang Magetan”, kata Bupati Magetan Suprawoto dalam sambutannya.

Suprawoto menjelaskan, bahwa dalam mengembangkan sapi tidak membutuhkan lahan yang luas, jadi sesuai dengan lahan yang ada di Magetan yang rata-rata mempunyai lahan adalah 0,2 hektar. “Peternak sapi dalam membudidayakan sapinya dirumah juga bisa, dan di sini khan pegunungan jadi dapat ditanam disekitar areal sawah yang ada”, tuturnya.

Baca Juga :  Update Covid-19 Magetan : 9 Pasien Sembuh, 9 Orang Lainnya Terkonfirm Positif

“Coba dibayangkan, kalau punya sapi 5 dan itu memproduksi susu semua, hasil bersih yang didapatkan peternak hampir 5 juta. Dan ini tidak hanya di Singolangu saja, kita akan upayakan kepeternak lainnya yang ada di Magetan”, terang Suprawoto (27/11).

Bupati juga menambahkan, Pemkab berjanji akan menggandeng pihak Nestle langsung untuk bekerjasama dengan Pemkab Magetan. Dari upaya tersebut pemkab juga akan menambah populasi sapi perah bagi peternak dengan bekerjasama dengan pihak bank, yaitu memberikan kredit dengan bunga rendah.

“Agar dapatnya bekerjasama dengan pihak Nestle langsung, tidak mampir ke Ponorogo. Tentunya kita harus siap dengan hasil susunya, yaitu dengan menambah populasi sapi kepada peternsk dengan memberikan kredit dengan bunga rendah melalui bank Pemerintah”, imbuhnya.

Baca Juga :  Penjudi Desa Pakurejo Digrebek Sat Reskrim Polres Temanggung

Senada diungkapkan Tarsun peternak sapi perah Desa Singolangu bahwa, dia mempunyai 5 ekor sapi perah dan setiap hari sapi miliknya bisa menghasilkan rata-rata 20-30 liter susu perekor sapi.

“Alhamdulilah setiap bulan saya bisa mendapatkan hasil bersih 4 s/d 5 jutaan. Semoga apa yang disampaikan Pak Bupati tadi bisa terwujud, apalagi dengan memberikan pinjaman dengan kredit bunga rendah, memang itu yang kami harapkan”, pungkasnya. (ren)

 1,807 total views,  16 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!