UA-163642268-1

Ajak Pelajar Kerja Bhakti Kebersihan, Tanamkan Jiwa Gotong Royong


ARYA-MEDIA, Magetan – Kebersihan adalah pangkal kesehatan, Hal inilah yang menjadi semangat anggota Koramil 0804-13/ Bendo untuk selalu menjaga kebersihan, baik di dalam ruangan maupun diluar perkantoran, termasuk dilingkungan sekitarnya. Bila lingkungan bersih, maka udara menjadi segar, suasana menjadi nyaman sehingga kita bakal terbebas dari ancaman penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya.

Untuk itu, anggota Koramil Bendo mengajak para pelajar dari SMKN 1 Bendo untuk bersama-sama bergotong royong membersihkan sampah dan rumput liar di sepanjang pinggir sungai yang ada di depan kantor Koramil Bendo sampai dengan depan Sekolah SMKN 1 Bendo, (Sabtu, 13/07/19).

Kerja bakti, merupakan aktivitas yang dikerjakan dengan cara berbarengan atau gotong-royong. Dengan kerja bakti bersihkan lingkungan yang dikerjakan dengan cara berbarengan itu, bisa membuat pekerjaan cepat selesai secara optimal. Sudah barang  tentu pekerjaan berat yang dikerjakan sendiri akan lama selesainya, tapi jika dilakukan secara bersama-sama dan dengan kerjasama yang baik maka pekerjaan tersebut akan terasa ringan dan lebih cepat selesai.

Baca Juga :  Partai GERINDRA Gelar Diklat 1.326 Saksi TPS Dan Pelantikan PIRA & SATRIA Kabupaten Magetan.

Danramil 0804-13/Bendo menyampaikan, bahwa melatih siswa bekerja sama dengan cara bergotong royong adalah untuk melatih siswa supaya sama-sama bekerja, bahu-membahu dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Hal ini, dapat diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran dalam kelas yaitu kerja kelompok, dimana semua anggota dapat memainkan peran dan mengetahui fungsinya masing-masing dalam suatu kelompok tersebut. Sehingga kerja kelompok dapat dijadikan model variasi pembelajaran yang cukup efektif dibandingkan dengan bila siswa belajar sendiri secara individual,” terang Danramil Bendo, Kapten Inf Sarpan, (13/7).

Baca Juga :  Penampung Aspirasi Warga : 1.577 BPD Kabupaten Magetan Resmi Dilantik Bupati

Selain itu, lanjut parlan menambahkan,  kegiatan itu untuk melatih para siswa lebih peduli dengan lingkungan sekitar.  “Sebagai generasi muda harus mempuyai tanggungjawab yang besar terhadap kebersihan lingkungan. Jangan malah menjadi penyebab terhadap pecemaran lingkungan dengan membuang sampah sembarangan,” jelasnya.

Diketahui bahwa, membuang sampah secara sembarangan, dapat menimbulkan sumber penyakit yang berdampak pada diri sendiri maupun orang lain. Oleh sebab itu, Danramil mengajak para siswa selalu aktif dalam hal menjaga kebersihan, baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan umum.

Baca Juga :  Peringatan Hari Santri Nasional Sebagai Momentum Perkuat Keimanan

“Saya sengaja mengajak para siswa untuk selalu aktif dalam hal menjaga kebersihan, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan umum,” pungkas Sarpan. (R13/redk)

 1,852 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!