Akibat Hujan Deras Di Lereng Ijen, Tiga Kecamatan Beri Komando Evakuasi


Banyuwangi, Arya Media – Menurut informasi didapat bahwa hujan deras yang mengguyur Lereng Ijen sedari pukul 12.00 Wib, 15/3/2018, mengakibatkan Sungai Kalibendo, Kecamatan Glagah, Sungai Slewung Kecamatan Kalipuro, Sungai Sukowidi Kecamatan Banyuwangi meluap. Menjadikan luapan air yang sangat deras disertai material lumpur coklat pekat tersebut meski tidak mengakibatkan korban jiwa, cukup membuat warga sekitar khawatir.

Diketahui bahwa air berlumpur menyebabkan 1unit rumah warga Kopencungking Desa Kampunganyar, Kecanatan Kalipuro roboh. Jembatan penghubung Dusun Banjarwaru dengan Dusun Krajan Desa Kelir tertutup oleh batang – batang pepohonan yang terbawa arus. Dan pondasi bangunan plengsengan rusak sepanjang kurang lebih 20 meter, akibat tergerus derasnya arus air. Serta Dua tiang lampu penerangan jalan juga ikutan roboh.

Baca Juga :  PPP Siap Berkoalisi Dengan PRONA Sebagai Cabup Dan Cawabup 2018

Sementara di wilayah Kecamatan Banyuwangi, di lingkungan Kebonjeruk Kelurahan Lateng, luapan air mencapai ketinggian 40 sampai 50 cm. Akibatnya 2 unit rumah rusak berat berikut perabot rumah.

Menyikapi hal itu, Camat Glagah, Camat Kalipuro dan Camat Banyuwangi, beri komando evakuasi dan pembersihan lumpur, yang didukung oleh BPBD setempat. Untuk memudahkan informasi dan kiordinasi, telah dibuka Posko Kesehatan oleh Tim Keshatan Puskesmas Singotrunan di lingkungan Kebunjeruk Kelurahan Lateng. Sementara di Kantor Kelurahan Lateng didirikan dapur umum oleh Dinas Sosial. (Tim/Redk)

 372 total views,  3 views today

Baca Juga :  Program RTLH TMMD Ke 104 Memasuki Tahap Finishing


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!