Alhamdulillah Cair….. Warga Desa Sugihwaras Terima BST 600 Ribu


ARYA-MEDIA, Magetan – Penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) program dari Kementrian Sosial (Kemensos) sudah mulai dibagikan dari desa ke desa. Melalui Dinas Sosial  (Dinsos) Kabupaten Magetan, Pemerintah menyerahkan bantuan uang tunai Rp 600 ribu kepada warga masyarakat akibat terdampak Covid-19. Selasa (12/5/2020).

Hal yang sama, juga terjadi di Desa Sugihwaras Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan. Sebanyak 227 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), telah antri dengan penerapan Physical Distancing (Jaga Jarak) untuk menerima BST dari program Kemensos.

“Alhamdulillah, sebanyak 227 warga Desa Sugihwaras, menerima bantuan dari Kemensos. Sebanyak 184 KPM dibagikan melalui pihak POS, dan 43 KPM lainnya mendapatkan BST secara transfer, atau melalui rekening masing-masing,” kata Wignyo, Lepala Desa (Kades) Sugihwaras, Kecamatan Maospati Magetan, Selasa (12/5).

Foto : Wignyo, Kepala Desa Sugihwaras, Kec. Maospati, Kab. Magetan.

Dijelaskan Kades Sugihwaras bahwa, pengajuan KPM dari Pemerintah Desa (Pemdes) Sugihwaras, semuanya direalisasi oleh Pemerintah pusat sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). “Semua KPM penerima BST telah diseleksi dan diverifikasi oleh Pemerintah pusat. Dan sepengetahuan saya, warga penerima BST tersebut sudah sesuai dengan kenyataan di lapangan. Yaitu rata-rata dari keluarga kurang mampu,” terangnya.

Sementara itu, Sukinem warga dari Rt.11/Rw.03, Desa Sugihwaras, Kecamatan Maospati mengungkapkan, bantuan uang tunai sebesar 600 ribu bakal digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Apalgi saat ini sedang susah untuk bekerja karena ada pandemic Covid-19.

“Uangnya buat nempur beras (buat beli beras) dan belanja untuk makan sehari-hari,” ungkapnya kepada Arya Media, Selasa (12/5).

Ungkapan senang dari Sukinem yang kesehariannya sebagai buruh tani tersebut, diluapkan dengan muka berseri-seri dengan penuh harapan. “Alhamdulillah saya sangat senang sekali dengan adanya bantuan BST dari Pemerintah. Sehingga, untuk tiga bulan kedepan kami masih bisa makan untuk mencukupi kebutuhan di rumah,” pungkasnya. (Ren)

 2,924 total views,  7 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!