Amblesnya Jalan Jembatan Jurang Peteng Di Parang, Secara Struktur Masih Aman


ARYA-MEDIA, Magetan – Jembatan yang melintasi Desa Parang, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, mengalami ambles, sehingga membuat kekawatiran warga dan pengendara yang melintasinya. Tepatnya di depan Polsek Parang, sebelah selatan pertigaan jalan, jembatan yang bernama “Jembatan Jurang Peteng” tersebut tiba-tiba ambles.

Menurut pantauan Arya-Media ke lokasi, jembatan yang berdiri tahun 1989 tersebut, mengalami ambles pada posisi pinggir jembatan sebelah utara yang berjajar dengan pembatas jembatan dan trotoar. Kejadian tersebut disinyalir karena ada kebocoran pipa PDAM, yang akhirnya badan jalan di ujung jembatan tersebut mengalami retak yang disertai amblesnya aspal jembatan.

Baca Juga :  Kecelakaan Mobil Wakapolres Malang Mengakibatkan Dua Orang Meninggal

“Tidak tahu kenapa mas, malam itui tiba-tiba jembatan tersebut ambles dan retak. Keesokan harinya muncul semburan air yang berasal dari pipa PDAM”, kata Sadimin warga setempat.

Usai kejadian itu lanjut Sadimin, pihak dari PDAM langsung datang ke lokasi untuk memperbaiki semburan air dari pipa PDAM yang bocor. “beberapa hari kemudian, pihak dari PU juga datang ke lokasi untuk ngecek kondisi jembatan tersebut”, terangnya, Kamis (22/11).

Baca Juga :  Suami Istri Nekat Mencuri Batrei Tower Untuk Pulang Kampung

“Dengan amblesnya jalan itu, saya kawatir jembatan tersebut malah ambruk mas”, imbuhnya.

Muhtar Wahid, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PUPR Kabupaten Magetan.

Setelah dikonfirmasi ke Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kab. Magetan, melalui Kepala Bidang Bina Marga Muhtar Wahid menjelaskan, bahwa pihaknya sudah datang ke lokasi untuk melakukan pengecekan, dan amblesnya jalan jembatan jurang peteng tersebut dikarenakan adanya pipa PDAM yang bocor yang tidak diketahui, yang akhirnya mengalami tergerusnya tanah sehingga menyebabkan amblesnya jalan.

Baca Juga :  Jeritan Pedagang Kaki Lima Menghadapi Pandemi Covid-19

“Memang benar, jembatan jurang peteng sedang mengalami ambles sehingga tidak bisa dilewati. Untuk sementara kita tutup sebelah”, ucap Muhtar kepada Arya-Media.Com (22/11).

“Saya sudah ngecek kelokasi dan juga turun kebawah untuk melihat kondisi bawahnya jembatan. Dan itu tidak mempengaruhi jembatannya, karena secara struktur jembatan tersebut masih aman dan tidak bermasalah. Selanjutnya akan kita lakukan perbaikan secepatnya”, pungkasnya. (ren)

 1,566 total views,  17 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!