UA-163642268-1

Anarkisme Massa Pendukung Capres Dan Cawapres, Dihalau Ribuan Aparat Sispamkota


ARYA-MEDIA, Magetan – Aparat gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, dan Dinas instansi terkait, menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), di Jalan Yosonegoro, depan stadion Yosonegoro, Magetan, Kamis (4/4/2019).

Kegiatan Sispamkota tersebut, dilakukan dalam rangka simulasi pengamanan untuk menghadapi pemilu tanggal 17 April 2019 mendatang. Pengarahan dan pembekalan juga diberikan kepada petugas pengamanan TPS wilayah Kabupaten.

Gladi Sispamkota yang diselenggarakan oleh Polres Magetan, dihadiri oleh Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH. M.Si, Juga hadir forkopimda Magetan, staf ahli, asisten, Polres Magetan, Patpol PP, KPU, Bawaslu dan Linmas.

“Kegiatan Pemilu tahun ini harus aman, mulai dari persiapan sampai akhir pelaknsanaan kampanye akan dilakukan pengamanan ketat dari petugas. Sedangkan, petugas keamanan harus netral, sopan, humanis dan mampu menyelesaikan masalah. Untuk menguasai hal tersebut petugas harus paham dan mengerti dengan aturan dan SOP nya,” kata Wakapolres Magetan, Kompol Djumadi, SH. Kamis (4/4/2019).

Baca Juga :  Rakor Pemaparan Tugas Pokok TPID Kabupaten Magetan, Libatkan Unsur Forkopimda

Wakapolres menjelaskan, skenario dalam simulasi tersebut, untuk menghalau anarkisme massa dari salah satu Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden, yang tidak terima dengan hasil dari KPU terkait pemungutan suara. “Ada salah satu Paslon tidak puas dengan keputusan KPU, lalu mengajak massa lain untuk memprotes hasil Pemilu. Dan simulasi digelarnya ini, sebagai langkah antisipasi terhadap kerusahan yang mungkin saja terjadi selama tahapan Pemilu,” Jelas Wakapolres Magetan.

Baca Juga :  FKPRM : 45 Media Dari 38 Daerah di Jawa Timur Tanggapi Surat DP

Ditempat yang sama, Bupati Magetan mengatakan bahwa masyarakat Indonesia pada tanggal 17 April 2019, secara serentak akan dilaksanakan acara besar yaitu pemilihan Presiden dan pemilihan Legislatif DPRD seluruh Indonesia.

Menurutnya, pengarahan dan pembekalan bagi petugas pengaman TPS di wilayah Magetan merupakan sebuah kesiapan untuk mengamankan pesta legislatif baik itu Pusat, Provinsi, maupun Daerah.

”Saya berharap, semua elemen dapat bersatu menjaga keamanan dengan baik dan tidak membuat kerusuhan, terutama untuk Magetan. Sedangkan tugas mulia ini berada dipundak kita, maka dari itu kita harus menjaga kesatuan Negara ini dengan baik,” ungkap Bupati.

Baca Juga :  Demi Menghibur Masyarakat Magetan Di Tahun Baru, Pasangan "PRONA" Gelar Safari Pesta Rakyat

Senada dengan Komandan Kodim 0804/Magetan, Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, SE menambahkan, bahwa semua aparatur mempunyai tanggung jawab masing-masing atas tugas yang telah di berikan, yaitu membantu kelancaran pemilu 2019 berjalan dengan aman dan terkendali,” ucapnya.

Sebagai informasi, pelaksanaan gladi Sispamkota tersebut melibatkan sebanyak kurang lebih 1000 personil yang terdiri dari, anggota Polres Magetan, tentara dari Kodim 0804/Magetan dan Satpol PP Magetan. (ren/redk)

 1,116 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!