Anggaran DD : Pemerintah Desa Baluk Bikin Tangkis Jalan Menuju Sawah Warga 


ARYA-MEDIA, Magetan – Program pemerintah dalam membangun infrastruktur di daerah-daerah pelosok, banyak dana digelontorkan untuk Pemerintah Desa (Pemdes) melalui Dana Desa (DD) yang di biayai langsung oleh APBN. Dengan banyaknya dana yang di suntikkan untuk pengembangan fisik maupun pengembangan pemberdayaan masyarakat Desa, saat ini sudah sangat terlihat kemajuan di daerah pelosok yang memang dulu sama sekali belum tersentuh.

Salah satunya di Desa Baluk, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, juga ikut berpartisipasi dalam memanfaatkan Dana Desa yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat. Mulai dari pembangunan fisik sampai pengembangan pemberdayaan masyarakat melalui BUMDes ataupun pokmas-pokmas yang ada di Desa Baluk.

Baca Juga :  Kunjungan Kerja Presiden RI Di Magetan

Infrastruktur pun mulai di benahi dari pembangunan jalan dan juga saluran-saluran air yang dikira perlu untuk segera dibangun. Tahun ini Pemerintah Desa Baluk memanfaatkan Dana Desa tahap kedua untuk di alokasikan pada pembangunan Tangkis Jalan Sawah yang ada di wilayah Beran Tengah, Desa Baluk, dengan panjang 2 x 100 Meter.

Jerman Abdul Azis, Kepala Desa Baluk, Kecamatan Karangrejo, Kab. Magetan.

Menurut Ketua Tim Pelaksana (Timlak) kegiatan Desa Baluk, Malikun mengatakan, dalam kegiatan pembangunan tersebut telah melibatkan masyarakat sekitar dengan memanfaatkan tenaga mereka sebagai pekerja. “Karena ini untuk pemberdayaan masyarakat, kami memanfaatkan warga Desa baluk dengan kriteria masyarakat miskin untuk kita ajak bekerja bersama dalam membangun Tangkis tersebut”, katanya.

Baca Juga :  Dongkrak Wisata Alam, Disparpora Ngawi Gelar Festival Paralayang Liga Jawa Timur

“Tangkis Jalan itu khan menuju area sawah warga Baluk, jadi kami ajak bekerjasama dalam hal tenaga pekerjanya”, ungkap Malikun (6/12).

Ditempat berbeda, Kepala Desa Baluk, Jerman Abdul Azis Basri mengatakan, pembangunan Tangkis Jalan yang berada di Beran tengah tersebut, memakan anggaran dari dana DD tahap II dengan total anggaran Dana Rp. 52.520.000,- dan panjang Tangkis Jalan sepanjang 2 x 100 Meter.

“Tahun ini kami akan lebih fokus kepada pembangunan infrastruktur di Desa kami. Karena wilayah Desa Baluk rata-rata areal persawahan, sehingga dibutuhkan pembangunan jalan menuju ke sawah milik warga sini. Jadi harapannya adalah, agar masyarakat segera bisa memanfaatkan apa yang telah dibangun oleh Pemerintah Desa”, terang Kepala Desa Baluk kepada Arya-Media, Kamis (6/12/2018).

Baca Juga :  Tanaman Padi Diserang Hama, Petani Tak Kuatir Sudah Tercover AUTP

Sementara, untuk pemanfaatan Dana DD tersebut, merupakan tahap kedua di tahun 2018 ini. Dan Kepala Desa akan terus memonitor tentang pengembangan infrastruktur yang ada di Desanya. “Saya akan terus memantau perkembangan pembangunan yang ada di Desa ini, sekaligus mengevaluasi pembangunan insfrastruktur Desa Baluk untuk kedepannya”, jelas Jerman.

“Saya berharap di tahun ini, semua pembangunan yang telah di rencanakan akan berjalan dengan baik sesuai dengan yang telah direncanakan”, tutupnya. (ren)

 1,237 total views,  9 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!