Antisipasi Banjir Desa Gulun Rehabilitasi Drainase Dari DD


ARYA-MEDIA, Magetan – Upaya pemerintah dalam membangun infrastruktur daerah pelosok, banyak dana digelontorkan untuk pemerintah desa melalui Dana Desa (DD) yang di biayai langsung oleh APBN. Dengan banyaknya dana yang di suntikkan untuk pengembangan pembangunan fisik maupun pengembangan pemberdayaan masyarakat Desa, saat ini sudah sangat terlihat kemajuan di daerah pelosok yang memang dulu sama sekali belum tersentuh. Tidak hanya itu program yang memang baru berjalan 4 tahun ini memang sangat di sambut baik oleh pemerintah Desa maupun masyarakat Desa.

Salah satunya Desa Gulun, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, juga sangat antusias dalam memanfaatkan Dana Desa yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat. Mulai dari pembangunan fisik sampai pengembangan pemberdayaan masyarakat melalui BUMDes ataupun pokmas-pokmas Desa. Infrastruktur pun mulai di benahi dari pembangunan jalan dan juga saluran-saluran air yang dikira perlu untuk segera dibangun.

Baca Juga :  Terapkan Protokol Kesehatan, SMPN 1 Barat Gelar Rapat di Halaman Sekolah
Munasir, Kepala Desa Gulun, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan.

Di tahun 2018 ini Pemerintah Desa Gulun memanfaatkan Dana Desa tahap kedua untuk pembangunan saluran. Yang di bangun di wilayah Dusun Gulun tersebut langsung di pimpin oleh Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Desa. Kegiatan tersebut juga melibatkan masyarakat sekitar dengan memanfaatkan tenaga mereka sebagai pekerja. Dengan total Dana Rp. 552.721.300,- perbaikan saluran dibangun sepanjang 1.409 Meter.

Baca Juga :  Program RTLH TMMD Ke 104 Memasuki Tahap Finishing

Kepala Desa Gulun Munasir mengatakan, “Tahun ini kami akan lebih fokus kepada pembangunan infrastruktur di Desa kami. Kita akan terus menggenjot untuk pembangungan drainase karena di wilayah tersebut lantaran sering terjadi banjir, karena sebentar lagi akan datang musim penghujan. “Harapannya adalah supaya masyarakat segera bisa memanfaatkan apa yang telah dibangun oleh desa. Dan bila musim hujan tiba, tidak ada lagi jalan yang tergenang oleh luapan air dari drainase”, Sabtu (22/9/2018).

Baca Juga :  Pencuri Spesialis Rumah Kos Dilumpuhkan Dengan Timah Panas

Selain itu Munasir juga mengungkapkan, “Ini merupakan tahap kedua di tahun ini, Saya sebagai Kepala Desa akan terus memonitor tentang pengembangan infrastruktur Desa. Dan saya berharap di tahun ini semua pembangunan yang telah di rencanakan akan berjalan dengan baik dan kondusif. (ren/redk)

 1,924 total views,  20 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!