Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Karhutla di Hari Pramuka ke- 59 Tahun 2020


ARYA-MEDIA, Bojonegoro – Dandim 0813/Bojonegoro, Letkol Inf Bambang Hariayanto, bersama Kapolres Bojonegoro AKBP M. Budi Hendrawan, SIK., MH., memimpin Apel Kesiapsiagaan dalam rangka Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan Dan lahan (Karhutla) di Taman Tirta Wana, Desa/Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Jum’at (14/8/2020).

Kegiatan yang dirangkai dengan peringatan Hari Pramuka ke-59 ini dihadiri oleh para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bojonegoro, Kepala Bakorwil, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, serta para ADM/KKPH Perum Perhutani di Kabupaten Bojonegoro.

Dalam acara tersebut diikuti oleh peserta dari Kodim, Polres, Perhutani, Dinas Damkar, BPBD, serta Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan anggota Pramuka Bojonegoro.

Melalui amanatnya yang dibacakan Kapolres Bojonegoro AKBP M. Budi Hendrawan, SIK., MH., Bupati Anna Muawanah menyampaikan bahwa apel bersama ini merupakan bentuk kesiapan dalam menanggulangi bencana, khususnya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Terkait hal itu, untuk meningkatkan kewaspadaan, dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan sebagai langkah antisipasi puncak musim kemarau tahun ini. Maka diperlukan sinergi pengerahan Sumber Daya Manusia, dan sarana prasarana, meningkatkan patroli pengendalian Karhutla, dan melakukan upaya pembinaan masyarakat bersama kader pramuka, serta meningkatkan penegakan hukum bidang karhutla.

“Karena tahun ini merupakan masa pandemi covid-19, kita harus lebih meningkatkan kewaspadaan bersama dengan tetap meningkatkan kerjasama dalam melakukan pengendalian kebakaran hutan dan lahan dengan memperhatikan keselamatan petugas sesuai protokol covid-19,” ujar Kapolres Bojonegoro, Jumat (14/8).

Bertepatan dengan Hari Pramuka Ke- 59 tahun 2020, gerakan Pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus kepada pendidikan bagi anak-anak dan pemuda. Khususnya Kwartir Cabang Bojonegoro yang selalu aktif dalam melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat, dan bakti lingkungan.

“Semoga Apel Hari Pramuka ke- 59, dan Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Bojonegoro ini dapat memantapkan dan meningkatkan kerja kolektif dalam penanganan karhutla di Bojonegoro,” tegas Kapolres.

Diketahui bahwa, setelah pelaksanaan apel, dilanjutkan pemberian dan penyematan lencana kepada Pramuka yang berprestasi oleh Kapolres, Dandim Bojonegoro, serta diikuti jajaran Forkopimda. (Pen/Redk)

 283 total views,  5 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!