Apresiasi Kepala Perpusnas Kepada Perpusda Magetan Dalam Acara “Sarasehan Literasi Penggiat Perpustakaan”


ARYA-MEDIA, Magetan – Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Muhammad Syarif Bando mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, atas literasi daerah yang berada di Magetan. Bertempat di Pendopo Surya Graha, Pemkab Magetan melalui Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Magetan, menggelar acara Sarasehan Literasi Bagi Penggiat Perpustakaan, bertempat di Pendopo Surya Graha, Senin (30/12/2019).

Dalam rangka pembinaan perpustakaan umum daerah, acara tersebut dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando, Bupati Magetan Suprawoto, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Magetan Titik Suprawoto, Wakil Bupati Magetan, Sekretaris Daerah Kab. Magetan, dan jajaran Kepala Dinas (Kadin) Perpustakaan Kabupaten Magetan, Madiun, Pacitan dan Ngawi.

Muhammad Syarif mengatakan, membangun Sumber Daya Manusia (SDM) bisa diwujudkan melalui dengan membaca. Pemerintah pusat sangat mengapresiasi kepada Pemkab Magetan yang telah membentuk karakter gemar membaca melalui perpustakaan Daerah (Perpuda) Kabupaten Magetan.

“Kami senang sekaligus bangga apa yang telah dilakukan Bupati Suprawoto. Dengan melakukan Face off gedung Perpustakaan Daerah, dapat menarik peminat membaca kepada masyarakat yang sebelumnya jarang atau tidak pernah datang ke Perpusda Magetan,” kata Kepala Perpusnas, Senin ( 30/12).

Ditempat yang sama, Bupati Magetan Suprawoto mengayakan, bahwa wisata tidak hanya sekedar wisata alam saja, namun dengan literasi dapat membuat Magetan menjadi kota yang terdepan. “Melalui membaca dan menulis, dapat menjadikan manusia memiliki kemampuan yang mumpuni. Orang boleh hebat setinggi langit, tetapi kalau dia tidak menulis akan hilang dari sejarah, karena menulis adalah pekerjaan yang abadi,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati berharap, dengan adanya Perpusda ini, membuat masyarakat Magetan gemar akan membaca buku. Karena gedung Perpusda Magetan terbuka untuk umum, yang dilengkapi dengan 72 ribu lebih koleksi buku dengan 50 ribu lebih judul buku.

“Semoga dengan adanya Perpusda ini, masyarakat Magetan dapat dengan mudah mencari informasi, serta merasa nyaman untuk membaca buku. Karena, di perpustakaan ini terdapat 72 ribu lebih koleksi buku dengan judul sebanyak 50 ribu lebih,” jelasnya.

Diberitahukan bahwa, dalam acara tersebut, juga dilaksanakan Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Magetan, sebagai Figur Literasi untuk menghidupkan Budaya Literasi baik di lingkungan keluarga maupun satuan pendidikan. Dilanjutkan dengan penyerahan Kartu Tanda Anggota Perpustakaan Umum Kab. Magetan, dan penyerahan hadiah berbagai lomba literasi, serta penyerahan bantuan 1 unit mobil perpustakaan keliling dari Kepala Perpustakaan Nasional RI. (Ren)

 1,055 total views,  12 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!