UA-163642268-1

Audiensi Pokir DPRD Dalam Perencanaan dan Penganggaran Pemerintah Daerah


ARYA-MEDIA | MAGETAN – LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) Kabupaten Magetan, melakukan audiensi bersama jajaran DPRD Magetan, di Gedung DPRD Kabupaten Magetan, Senin (8/3/2021).

Audiensi tersebut menyampaian pokok – pokok pikiran (pokir) DPRD dalam perencanaan dan penganggaran selaras dengan program Pemerintah Daerah (Pemda).

Pokir merupakan tahapan perencanaan, menyingkronkan antara program pemerintah daerah dengan usulan – usulan dewan perwakilan rakyat. Tahapan perencanaan, terdapat telaah yang disesuaikan dengan anggaran yang berlaku saat itu.

Baca Juga :  Pengguna Sabu Di Jombang Ditangkap Polisi

“Kami meminta kejelasan terkait pokir yang sudah dilaksanakan oleh rekan rekan DPRD atau rekan rekan lembaga lembaga yang lain di tahun 2021. Apa saja yang menjadi skala prioritasnya, dan pelaksanaan kondisi di lapangan atau mungkin kendala yang terjadi. Kami sebagai masyarakat juga berhak tahu,” kata Beni Ardi, ketua LSM Magetan Center Coruption Watch, Senin (8/3).

Baca Juga :  Rektor UGM Dikukuhkan Sebagai Ketua FRI Periode 2021-2022

Hal itu ditanggapi Ketua DPRD Magetan, Sujatno menyampaikan bahwa, terkait pokir yang menjadi Landasan hukum pertama adalah, sesuai tugas dan fungsinya, UUD No 09 tahun 2015, perubahan UUD 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah menyebutkan sesuai pasal 77, penyelenggaraan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten atau kota dan DPRD dibantu dengan perangkat daerah.

“Tugas DPRD kami yang utama membuat peraturan daerah, menulis anggaran dan melakukan pengawasan. Dalam penyusunan anggaran, kita sudah melakukan pembahasan dalam rangka menyusun RAPBD tahun anggaran tahun 2022,” jelas Sujatno, (8/3).

Baca Juga :  Sembilan Pelajar Bolos Sekolah Saat Jam Pelajaran, Digelandang SatPol PP

Menurutnya, ada beberapa usulan untuk perencanaan program pemerintah. “Ada dua jalur yang dari eksekutif, yakni melalui usulan desa, usulan kecamatan, dan juga usulan kabupaten. Sedangkan dari jalur DPRD melalui reses untuk menjalin aspirasi.” pungkasnya. (Rwy/Ren)

 723 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!