Babinsa Koramil 0804/05 Poncol Lakukan Pendampingan Pemberian Vaksi Difteri


ARYA-MEDIA, Magetan – Babinsa kel Alastuwo Serda Marjuki melaksanakan pendampingan pemberian vaksin Difteri di SDN Alastuwo 1, dengan jumlah siswa penerima vaksin sebanyak 127 siswa, dan SDN Alastuwo 3, sejumlah 26 siswa, Sabtu (3/11/2018).

Sih Pujiati, Amd. kebidanan selaku koordinator imunisasi difteri dibantu tiga orang petugas dari puskesmas poncol Kab. Magetan, sebagai pelaksana pemberian vaksin memberikan imun kesehatan kepara para siswa.

Baca Juga :  Meriahnya Opening Pasar Rakyat Gebyar IKM & UMKM 2018 Di Magetan

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 08.30 dan selesai pada pukul 10.30 dilakukan dengan tertip dan aman. Kegiatan imunisasi vaksin difteri ini sdh merupakan program dari pemerintah yg dilaksanakan diseluruh wilayah.

Hal ini, untuk efisiensi pelaksanaan dibagi menjadi tiga tahap, dan sekarang sudah memasuki tahap tiga atau terakhir. Pemberian Imunt Vaksin tersebut adalah untuk meningkatkan antibodi pada anak saat bersamaan.

Baca Juga :  Memasuki Bulan Ramadhan Dinkes Bersama BPOM Lakukan Uji Lab Makanan Dan Minuman Berbuka

“Kalau antibodi pada semua anak tinggi, sudah pasti tidak akan mudah terkena penyakit difteri. Karena dengan pemberian vaksin difteri itu, akan memutuskan trasmisi untuk penularan, sebab penyakit difteri ini sangat menular, dan penularannya bisa melalui percikan ludah saat bersin atau batuk”, jelas Sih Puji koordinator petugas vaksin (3/11).

“Untuk para orang tua, gakusah perlu khawatir akan efek samping dari pemberian imunisasi ulang vaksin difteri atau ORI ini. Sebagai efek samping yang kemungkinan terjadi adalah demam, yang akan hilang dalam waktu satu atau dua hari saja”, terangnya kepada Arya-Media.Com

Baca Juga :  Pisah Sambut Camat Kartoharjo : Mari Bekerja Sesuai Aturan Dengan Acuan DPA Dan APBDes

Lanjut Sih Puji, “Efek samping lainnya adalah sedikit bengkak atau merah dibekas suntikan, namun itu tidak seberapa bila dibanding dengan penyakit difteri itu sendiri yg sangat berbahaya”, imbuhnya. (tsr/redk)

 822 total views,  23 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!