Bahas Pupuk Bersubsidi, Bupati Magetan Audiensi Bersama Petani Cari Solusi


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, mengadakan audiensi bersama perwakilan kelompok tani asal Magetan, di Pendopo Surya Graha, Selasa )8/9/2020).

Dihadiri perwakilan Petrokimia dari Gresik, Bupati Magetan dampingi oleh Plh. Sekda, Plt. Asisten Ekbang, dan juga Kepala Dinas TPHPKP, serta Kepala Disperindag Kabupaten Magetan, untuk menampung aspirasi dari para petani dan mantri tani se-Kabupaten Magetan.  

“Pengurangan subsidi pupuk, hampir semua wilayah Kabupaten mengalami, oleh karena itu kita lakukan audiensi. Karena bisa menampung berbagai permasalahan dan Pemerintah akan berusaha mencari solusi terbaik,” kata Bupati Suprawoto, Selasa (8/9).

Selain persoalan tentang penerapan kartu tani, permasalahan terkait penyimpangan penerimaan pupuk bersubsidi di Magetan prioritas Pemkab Magetan. “Tadi malam kita mendapatkan kabar dari Dirjen Prasarana Kementrian Pertanian bahwa penerapan kartu tani telah di tunda,” terang Bupati Magetan.

Menurut Bupati Suprawoto, pada dasarnya kartu tani sangat bagus, karena menggunakan byname byadres. Sehingga tidak ada lagi penyimpangan terhadap pendistribusian pupuk. “Kartu Tani itu bagus, tapi sayangnya pencetakanya sangat lambat, karena baru tiga persen dari seluruh petani yang jumplahnya 98.000 petani. Sehingga menimbulkan permasalahan terhadap pertanian,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas TPHPKP Kabupaten Magetan Edy Suseno mengungkapkan bahwa, alokasi pupuk tahun 2020 untuk jenis urea sejumplah 19.000.241 ton, SP 2.955 ton, ZA 10.000.210 ton, dan NPK 19.000.147 ton. “Salah satu permasalahan dalam dunia pertanian yaitu ketersediaan pupuk. Sedangkan alokasi tahun 2020 lebih sedikit dari tahun sebelumnya, dan itu diberlakukannya distribusi pupuk melalui Kartu Tani,” pungkasnya. (Ren)

 561 total views,  5 views today


One thought on “Bahas Pupuk Bersubsidi, Bupati Magetan Audiensi Bersama Petani Cari Solusi

  • 11/09/2020 at 03:16
    Permalink

    Sampai kapanpun ga bakal terwujud kalo mafia nya masih dipelihara. Apa sih susahnya bikin kartu tani ? Dibuat kartu tani pun akan di main kan

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!