Banjir Melanda Wilayah Ngawi, Bupati Kapolres dan Dandim Tinjau ke Lokasi


ARYA-MEDIA | NGAWI – Banjir langganan yang melanda Kecamatan Kwadungan Dan Pangkur Kabupaten Ngawi Jawa Timur, Bupati Ngawi Ir Budi Sulistyono,,didampingi Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya, serta Dandim 0805 Ngawi Letkol Inf Totok Prio Kismanto, tinjau langsung akses jalan antar desa tepatnya di Desa Purwosari yang tergenang air akibat meluapnya sungai Bengawan Madiun, Senin (14/12/2020).

Akibat curah hujan yang tinggi, luapan air sungai Bengawan Madiun serta air kiriman dari wilayah atas, mengakibatkan banyak rumah warga Kabupaten Ngawi terendam banjir. Selain itu, lahan pertanian serta akses jalan di beberapa wilayah di Kabupaten Ngawi bagian timur juga terendam banjir luapan air dari Bengawan Madiun.

Budi Sulistyono(Kanang) mengatakan, jembatan di Desa Purwosari yang tidak disertai dengan tingginya akses jalan disekitar jembatan, menjadi salah satu faktor penyebab tergenangnya air sungai Bengawan Madiun. Sehingga menutupi akses jalan antar kecamatan di wilayah Kecamatan Kwadungan dan Pangkur Kabupaten Ngawi.

“Paling tidak kita sudah mulai tanggap sekarang, ada beberapa daerah tertentu yang harus kita tinggikan jalannya. Kalau jembatan sudah kita tinggikan, tapi jalan akses dari jembatan itu juga harus kita naikkan. Karena luasnya desa kita, maka akan memerlukan waktu, tenaga, biaya dan lain sebagainya. Namun jalan kabupaten ini harus tetap dinaikkan minimal 1,5 meter dan itu akan kita prioritaskan,” Jelas Buati Ngawi, Senin (14/12).

Ditempat sama Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya, menghimbau kepada masyarakat Ngawi khususnya yang tinggal di bantaran sungai dan sekitarnya, agar senantiasa waspada apabila terjadi peningkatan debit air dari bantaran Bengawan Madiun dan Solo.

“Mengingat beberapa hari belakangan ini curah hujan di Kabupaten Ngawi sekitarnya cukup tinggi, maka masyarakat sekitar bantaran harus selalu waspada, apabila kemungkinan terjadi banjir susulan,” tandasnya. (Endik)

 894 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!