Bantuan CSR PT Tunas Agro Persada, Petani Magetan Dapat Bibit Cabe Unggul Secara Gratis


ARYA-MEDIA, MAGETAN – Guna meningkatkan perekonomian para petani di wilayah Kabupaten Magetan, PT Tunas Agro Persada memberikan bantuan CSR (Corporate Social Responsibility) berupa Cabai Kriting Galih F1, kepada para kelompok tani yang ada di Desa Trosono Kecamatan Parang Magetan. Kamis (15/10/2020).

Acara tersebut diselenggarakan di Balai Desa Trosono, dengan dihadiri Sekda Kabupaten Magetan Ir. Hergunadi ST. MT., Kepala Dinas TPHPKP Magetan, Ir. Uswatul Chasanah M.MA, Direktur PT Tunas Agro Persada Ir. Cipto Legowo, Camat Parang, serta para petani yang tergabung dalam kelompok tani di desa setempat.

Cipto Legowo mengatakan, dalam masa pandemi saat ini, perekonomian diberbagai wilayah Indonesia, bahkan samapi di Kabupaten Magetan, semuanya mengalami keterpurukan khususnya para petani. Melihat kondisi tersebut, PT Tunas Agro Persada berinisiatif untuk membantu meningkatkan perkonomian kelompok tani di Desa Trosono Kecamatan Parang Kabupaten Magetan.

“Kondisi kota Magetan masih dapat di kembangkan khusunya pada sektor argowisata, karena lahan yang begitu luas, tanah di Magetan sangat cocok untuk di tanami segala macam tanaman. Untuk itu, kami dari PT Tunas Agro Persada memberikan bantuan benih cabai, dan untuk tahun ini jenis cabai yang kita berikan ke petani adalah jenis cabai galih Tunas Agro Persada,” kata Cipto Legowo, Kamis (15/10).

Dijelaskan Cipto Legowo asli putra daerah Kabupaten Magetan mengungkapkan, bahwa program CSR dari PT Tunas Agro Persada, merupakan ketiga kalinya dalam membantu para petani dalam rangka meningkatkan perekonomian akibat terdampak pandemic covid-19. “CSR ini sudah yang ketiga. Pertam di Sukabumi dengan luas lahan 20 hektar, kedua Kabupaten Garut 20 hektar, dan ketiga adalah Kabupaten Magetan dengan luasan terbesar sebanyak 60 hektar,” terangnya.

Selain itu, melihat kondisi kota Magetan yang beragam dengan kondisi tanah basah dan kering, banyak yang bisa dikembangkan dalam meningkatkan sektor pertanian. “Mungkin di daerah kering kita menanam tanaman yang taunan atau yang semusim, kalau kita nanti bisa mengembangkan air seperti pembuatan embung, apapun jenis tanamannya pasti bisa di tanam disini. Karena tanah di Magetan sangat bagus untuk segala macam tanaman,” jelas Cipto Legowo, Direktur PT Tunas Agro Persada, yang berasal dari Demak, Jawa Tengah, (15/10).

Sementara itu, Sekda Magetan Hergunadi mengucapkan terima kasih kepada PT Tunas Agro Persada yang telah peduli kepada petani asal Magetan.  Karena diamasa pandemic saat ini memberikan bibit lombok kriting untuk 60 hektar lahan milik para petani Magetan.

“Pada masa pandemi ini, semua petani juga merasakan dampaknya, karena sudah tidak ada kegiatan – kegiatan seremonial dan juga konsumsi makanan rendah. Sehingga mengakibatkan harga hasil panen para petani juga mengalami penurunan. Dan kita berharap nantinya ada pengembangan untuk argowisata di Kabupaten Magetan,” tandasnya. (RW/Ren)

 1,609 total views,  39 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!