Banyak Warga Cemas, BPBD Ngawi Atasi Sarang Tawon Cukup Besar


ARYA-MEDIA, Ngawi – Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi, bersama relawan turun tangan melakukan evakuasi sarang tawon di mushola. Bertempat di Dusun Karang Malang, Desa Karang Malang, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi.

Operasi pembersihan sarang tawon digelar petugas BPBD beserta relawan sar setelah mendapat laporan warga. Mereka meluncur ke Desa Karang Malang, tepatnya di  RT.002/RW.001, Kasreman Ngawi, Minggu malam (1/9/2019).

Posisi sarang tawon yang menempel di atap musola berdiameter kurang lebih 40cm itu, sempat menyulitkan petugas untuk melakukan evakuasi. Karena sulitnya sarang yang di atas atap musola, petugas harus memasang tangga untuk akses naik dan menyiapkan penyemprot air.

“Malam ini diadakan giat evakuasi sarang tawon. Supaya tawon tidak terlalu membahayakan petugas maupun warga, kami menggunakan tangga dan siapkan penyemprot air,” ucap lilik petugas BPBD Ngawi, saat di lokasi, (1/9).

Lilik menjelaskan, beberapa ekor lebah berukuran besar dengan warna hitam pekat keluar dari sarangnya. Seorang petugas mengenakan pakaian pelindung yang dilengkapi sarung kepala serta masker wajah perlahan memanjat tangga. “Beberapa ekor tawon berusaha menyerang petugas saat memasang kapas di lobang sarang. Lalu petugas menyemprotkan air agar kawanan lebah menjadi lemah,” jelasnya kepada Arya-Media.Com

Sementara, warga setempat mengungkapkan, bahwa adanya sarang lebah yang berada di mushola tersebut, membuat masyarakat kawatir saat akan menunaikan ibadah sholat. “Sudah sekitar 1 bulan ada sarang tawon. Posisinya di atap musola, sehingga membuat warga takut dan was was untuk menjalankan ibadah sholat, karena tawon itu bahaya bila sampai menyengat warga,” ungkapnya.

Butuh waktu satu jam setengah untuk mengevakuasi sarang tawon. Sehingga, proses evakuasi oleh petugas BPBD ini membuat perhatian warga setempat. Sedangkan BPBD Kab Ngawi mencatat operasi sarang tawon sudah terjadi berkali di Kabupaten Ngawi. (endik)

 1,007 total views,  7 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!