Bayem Wetan Laksanakan Ujian Sekdes Secara Transparansi



Magetan, Arya Media – Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa Bayem Wetan, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan melaksanakan tes tulis penyaringan calon Perangkat Desa untuk posisi Sekertaris Desa (Sekdes) di Balai Desa setempat, Sabtu Pahing (23/12/2017).

Untuk menjaga transparansi, panitia seleksi memperketat pengawasan dan pencegahan terjadinya kebocoran soal. Panitia melakukan sistem satu orang anggota panitia membuat soal dengan tidak melibatkan anggota panitia lain.dan di ruang isolasi tertutup saat pelaksaanan ujian berlangsung.

Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa (P3D), Rusbandi mengatakan bahwa pelaksanaan penjaringan dan pengangkatan calon Perangkat Desa untuk Sekdes ini sudah memasuki tahap penyaringan.

Baca Juga :  Piala Dunia Indonesia, FKPRM Ajukan Kerjasama Media Partner Publikasi Kepada Kemenpora

“Jumlah pendaftar sebanyak 63 peserta, dan yang dinyatakan lulus tes administrasi sebanyak 32 peserta. Sedangkan 31 peserta dinyatakan tidak lulus karena kurang lengkapnya administrasi, dan 31 peserta dinyatakan lulus untuk ikut ujian, sementara ada 1 peserta yang tidak hadir,” terang Rusbandi.

Lebih lanjut Rusbandi juga menyampaikan, saat pelaksanaan tes, jumlah soal yang disiapkan ada 50 pertanyaan berupa pilihan ganda dalam satu bidang. Adapun materi soal terdiri dari UUD 1945, UU 32 Tahun 2004, Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia, dan Matematika.

Baca Juga :  Operasi Keselamatan Semeru 2020, Satlantas Polres Magetan Bagikan Masker Kepada Pengendara

Dari hasil akhir ujian tulis ini, peserta atas nama Retno Dwi P berhasil unggul dengan nilai tertinggi 74.00. Total nilai yang diraih peserta merupakan akumulasi dari nilai Pengabdian, Dedikasi, Loyalitas dan Sifat Tidak Tercela (PDLT). Rangkaian pelaksanaan ujian tersebut dilaporkan kepada Kepala Desa dan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Setiyadi Kades Bayem Wetan

Kepala Desa (Kades) Bayem Wetan, Sutiyadi selaku penanggungjawab seleksi ini mengatakan, ujian tes ini dilakukan tanpa ada rekayasa apapun. Panitia sudah melaksanakan rekrutmen secara transparan tanpa ada rekayasa ataupun tekanan dari pihak manapun.

Baca Juga :  Tiga Pemuda Sedang Pesta Sabu, Berhasil Diamankan Polisi

“Pelaksanaan ujian da tes sudah sesuai dengan peraturan yang ada dan disepakati bersama. Semua nilai murni dari peserta dan tidak ada bocoran soal,” tegas Setiyadi pada Arya Media.

Lebih lanjut Kades juga berharap pada calon Sekdes terpilih untu siap bekerja dan melayani masyarakat, segera menyesuaikan diri, dan melaksanakan tugasnya secara baik, apa yang kita jabat sekarang adalah amanah dari masyarakat khususnya Bayem Wetan.

Reporter : am/tin
Editor : Porto Folio

 3,081 total views,  13 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!