UA-163642268-1

Beredarnya Data Quick Count Pemilu 2019 Bakesbangpol Magetan Diduga Palsu


ARYA-MEDIA, Magetan – Pasca Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, banyak beredar hasil Quick Count (Perhitungan cepat) dari berbagai penjuru yang tersebar di dunia maya. Baik dari Lembaga Survey maupun dari berbagai lembaga lainnya, sehingga membuat ramainya perhelatan politik dalam Pemilu tanggal 17 April lalu.

Hal ini, juga dialami oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpol Linmas) Kabupaten Magetan, terdapat data quick count yang diduga Palsu, sehingga membuat para peserta Pemilu 2019 menjadi ramai dan gaduh.

Kepala Dinas Bakesbangpol Linmas Kab. Magetan, Eko Muryanto mengatakan, bahwa ada data yang mengatasnamakan Bakesbangpol Kabupaten Magetan, sudah finis quick count yang artinya hasil dari perhitungan suara dalam Pemilu 2019, sudah selesai 100 persen. Sehingga membuat kegaduhan banyak para peserta Pemilu yang langsung komplain ke Bakesbangpol karena perolehan suaranya yang tidak sama.

Baca Juga :  Peringatan HPN 2019, Diskominfo Kab. Probolinggo Undang F-WAMINPRO

“Gara-gara data itu, banyak yang komplain pada saya. Karena perolehan suara tidak sama dengan perhitungan dari acuan data pada Sabtu kemarin yang beredar sudah 100%, kata Eko Muryanto, Senin (22/4/2019).

Eko menjelaskan, quick count yang dilakukan oleh Bakesbangpol adalah hanya untuk memantau kondisi wilayah pada Pemilu 2019. Itupun hanya sebagai laporan kepada Bupati Magetan, dan bukan untuk konsumsi publik alias rahasia.

Baca Juga :  Jatuh Dari Motor Dengan Muatan Jerami, Korban Meninggal di TKP

“Saya pastikan itu bukan kita, karena ini bukan untuk konsumsi publik. Sedangkan hasil Quick count ini, berasal dari data Kecamatan yang dikirimkan kepada kami masih mencapai 50% saja. Semua itu, hanya sebagai laporan kami pada Bupati, bukan untuk konsumsi publik, jadi tidak mungkin kalau semua orang tahu,”terangnya.

Eko berpesan, kepada seluruh masyarakat ataupun peserta pemilu yang ada di Kabupaten Magetan, agar sabar menunggu hasil real count dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai patokan hasil akhirnya. Terkait data yang mengatasnamakan Bakesbangpol sudah quick count 100%, itu dinyatakan palsu.

Baca Juga :  Gagalkan Peredaran Air Galon Palsu, Polres Magetan Tangkap 2 Pelaku Asal Ngawi

“Saya berpesan kepada masyarakat dan juga peserta Pemilu agar bersabar menunggu perhitungan resmi dari KPU. Terkait data quick count yang menamakan Bakesbangpol sudah 100%, itu jelas bukan kami, dan faktanya sampai hari ini data yang masuk kepada kami baru 50%,” pungkasnya. (ren)

 1,908 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!