Berikut Pesan Bupati untuk 23 Kades di Magetan



Magetan, Arya Media – Aula Pendopo Suya Graha Kabupaten Magetan menjadi ajang pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 23 Kepala Desa (Kades) terpilih untuk masa jabatan tahun 2017-2023, Selasa (19/12/2017).

Selain Bupati Magetan H. Sumantri yang hadir, nampak Forkompinda Kabupaten Magetan, Kepala Dinas Instansi terkait, Muspika, Kades terpilih beserta istri, Mantan Kades, Ketua BPD, Ketua Panitia Pilkades turut menjadi saksi.

Dalam sambutannya, Sumantri mengucapkan selamat atas terpilihnya Kepada Desa yang baru dilantik dan diambil sumpahnya, khusus Pelaksana Tugas (PLT) Kades, Bupati juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi serta pengabdiannya selama menjalankan tugas-tugas pemerintahan di masing-masing desa.

“Pengambilan sumpah dan dilantiknya Kepala Desa merupakan bentuk kepercayaan, kehormatan, dan amanat Pemerintah Daerah juga warga masyarakat kepada Kades, untuk memimpin dan membangun desa agar menjadi lebih baik dan sejahtera,” ungkap Sumantri.

Masih menurutnya, pengambilan sumpah dan pelantikan Kades, hendaknya bisa dijadikan momentum sekaligus dimaknai sebagai titik awal yang baik, untuk menyelenggarakan pemerintahan desa, membangun desa, serta memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan.

“Setelah diambil sumpah dan dilantik, Kepala Desa harus segera menyesuaikan diri dengan tugas selaku pimpinan pemerintahan desa. Khusus kepada Kades baru, hendaknya pelajari dan pahami, serta laksanakan semua peraturan perundang-undangan yang mengatur desa,” terangnya.

Bupati Kabupaten yang berada di lereng Gunung Lawu itu juga memaparkan yang berkaitan dengan tugas, wewenang, kewajiban, serta hak dan larangan Kepala Desa dengan membangun kerjasama yang sinergis terhadap semua komponen untuk mengefektifkan jalannya penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan, tuntunannya.

“Agar para Kades yang baru dilantik untuk melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban sebagai Kepala Desa dengan sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya dan seadil-adilnya. ‘Ngugemi’ (patuh dan taat) terhadap semua peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tandas Sumantri.

Selain itu, pesannya, bekerjalah dengan benar, jujur, dan ikhlas sebagai orang yang dipercaya memimpin desa, harus bersikap adil dan tidak pilih kasih, serta harus bisa ngemong, ngayomi dan ngayemi semua warga.

“Kepala Desa harus berupaya mewujudkan tatanan kehidupan yang kondusif, dinamis, dan kreatif sebagai orang yang dituakan di desa sekaligus menjadi panutan warga. Kades harus bisa menjadi teladan perangkat desa dalam bersikap, bertindak dan bertingkah laku,” pesan Sumantri.

Dalam paparannya, Bupati Magetan ini juga menegaskan bahwa Kades wajib melakukan konsolidasi dengan semua perangkat desa, serta menjalin kerjasama kemitraan yang baik dengan BPD dan semua elemen masyarakat desa. Serta mengoptimalkan pemberdayaan lembaga kemasyarakatan desa, menjaga kerukunan masyarakat dengan ‘nguri-uri’ adat istiadat.

“Apabila menghadapi permasalahan, segera selesaikan dan musyawarahkan di tingkat desa, jika diperlukan jangan segan-segan berkonsultasi dan berkoordinasi dengan Camat selaku atasannya. Karena prosedur pertanggungjawaban Kades nantinya disampaikan kepada Bupati melalui Camat,” ungkap Sumantri.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Magetan juga mengucapkan selamat bertugas dan mengambdi kepada masyarakat, bangsa dan negara, khususnya di Kabupaten Magetan dalam upaya mewujudkan Pemerintahan Kabupaten Magetan yang Bersih dan Adil Menuju Masyarakat yang Sejahtera, Berdaya Saing dan Berbudaya Berlandaskan Iman dan Taqwa serta Lempeng tur Mempeng.

Editor : Porto Folio

 649 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!