Berkat DD, Jembatan Lintas Desa Bisa Terwujud


Contoh: Jembatan Penghubung Desa.

Ngawi, Arya Media – Dana Desa (DD) yang digelontorkan Pemerintah Pusat untuk setiap desa, bisa dirasakan manfaatnya bagi warga masyarakat. Penggunaan Dana Desa itu sendiri memang difokuskan untuk pembangunan infrastruktur perdesaan.

Seperti yang telah dilaksanakan Pemerintah Desa Widodaren, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi. Dengan pola pemberdayaan masyarakat, pembangunan jembatan di Dusun Widodaren, RT 01 RW 02 ini sebagai penghubung antara desa yang melintasi lahan persawahan milik warga.

Kades Heri Suwedi Menunjukkan Lokasi Hutan & Persawahan Warga.

Pembangunan disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga masyarakat bisa menikmati kemudahan akses lintas desa. Jembatan yang memiliki ukuran panjang 15 X 2 meter ini menghabiskan biaya Rp.112.326.400 dengan membutuhkan waktu pengerjaan 2 bulan.

Baca Juga :  Warga Sambiroto Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang Di Sungai

Kepala Desa Widodaren, Heri Suwedi, menerangkan bahwa pembangunan jembatan tersebut melalui proses yang sangat rumit. Selain medan yang sulit, kontruksi tanahnya pun termasuk jenis bebatuan, sehingga membutuhkan kinerja yang ekstra, khususnya dalam pembuatan pondasi.

“Dengan dibangunnya jembatan ini, diharapkan bisa meningkatkan pendapatan warga, sebagai sarana untuk menggangkut hasil bumi dari lahan persawahan warga, khususnya warga pinggiran hutan,” ungkap Heri Suwedi pada Arya Media, Selasa (19/12/2017).

Baca Juga :  Seorang Pegawai Puskesmas Kendal, Ditemukan Meninggal Di Dalam Sumur Sawah

Heri juga mengungkapkan, jembatan ini memiliki fungsi yang sangat banyak, selain mengangkut hasil bumi, juga sebagai akses jalan untuk menuju tempat pemakaman.

Kades Widodaren (Heri Suwedi).

“Sebelum adanya jembatan ini, warga masyarakat mengalami kesulitan untuk mengangkut hasil panen, dan jika ada warga yang meninggal, untuk menuju akses ke pemakaman harus menyebrangi sungai, jadi jembatan ini sangat bermanfaat sebagai penghubung kegiatan warga dalam kesehariannya,” jelas Kades Widodaren ini.

Baca Juga :  Seorang TNI AD Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal Di Wilayah Jatinegara Jakarta Timur

Sementara itu menurut Kasmo warga setempat pada media ini menuturkan, warga yang tinggal di sebelah utara sungai, tepatnya RT 03 RW 02 sangat senang sekali dengan adanya jembatan ini.
“Untuk mengambil hasil panen dari sawah yang berada di seberang sungai sekarang lebih mudah dan gampang, pengangkutan menjadi lancar dengan melalui jembatan ini,” ungkap Kasmo. (Adv)

Reporter : Rd
Editor : Porto Folio

 3,776 total views,  17 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!