“Bersih Desa” Kelurahan Karangrejo, Menggelar Langen Beksan


ARYA-MEDIA, Magetan – Untuk melestarikan budaya tradisi masyarakat yang mulai tenggelam oleh zaman, Kelurahan Karangrejo menggelar acara Bersih Desa, Sabtu 11/8/2018 di Punden setempat. Dan dimeriahkan dengan kesenian langen beksan dan selamatan bersama.

Plt Kepala Kelurahan Karangrejo, Arif Wardaya menjelaskan, Pihaknya menggelar acara ini untuk mengenang sesepuh dan pendiri Desa yang sudah meninggal, selain itu juga menjaga kerukunan dan silaturahmi antar warga khususnya warga Kelurahan Karangrejo.

Baca Juga :  Update Covid-19 Magetan : Satu Warga Plaosan Sembuh Dari Covid-19 dan Tiga Warga Lainnya Terkonfirm Positif

“Yang jelas, itu merupakan peninggalan simbah simbah dulu, toh itu yang antusias dari warga masyarakat dan itu merupakan agenda tahunan, yang selama ini setiap tahun diadakan. Sehingga warga masyarakat banyak yang hadir, intinya pertama untuk membersihkan diri pribadi kita masing-masing, selanjutnya pemerintahan Desa Kelurahan. Tujuannya adalah membersihkan hal-hal yang sekiranya membuat pikiran kita kotor”, kata Arif Wardaya.

Baca Juga :  PERS INDONESIA BERDUKA : Ibu Dimana Ayah..?

Untuk kedepannya, mudah-mudahan dengan adanya Bersih Desa warga masyarakat bisa hidup aman, tentram dan tidak ada aral suatu apapun”, imbuhnya.

Ditempat yang sama, salah satu warga sebut saja Budi mengungkapkan, “Kegiatan Bersih Desa ini dilakukan rutin pada bulan agustus setiap tahunnya. Sebagai upaya tolak balak agar masyarakat terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan, bisa hidup rukun, tentram dan nyaman. Disamping mengenang dan melestarikan tradisi budaya, juga mendoa’akan leluhur pendiri desa ini”, ungkap salah satu warga kepada Arya-Media.

Baca Juga :  Tabrakan 2 Motor Vixion, Akibatnya 1 Orang Meninggal Dunia

Diberitahukan bahwa, kegiatan Bersih Desa ini dihadiri oleh Babinsa Kecamatan Karangrejo, Babinkamtimas, Tokoh Masyarakat, Ketua RW dan ketua RT se Kelurahan Karangrejo. (udi/redk)

 839 total views,  17 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!