“Bersih Desa” Kirab Budaya Tradisi Tektur Kelurahan Kebonagung


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintah Kelurahan Kebonagung Kecamatan/Kabupaten Magetan, melaksanakan Kegiatan grebeg Suro dengan acara “Kirab Budaya Tradisi Tektur” dalam rangka Bersih Desa yang dilakukan setiap tahunnya pada bulan Muharram (Bulan Suro). Kamis (17/9/2020).

Tradisi tektur ini merupakan tradisi leluhur dari masyarakat Kebonagung yang mana suatu prosesi adat istiadat dengan melakukan penyerahan pusaka “Tombak Agung” kyai Sundul, yang diserahkan oleh sesepuh dari Kepala Kelurahan lama kepada kepala Kelurahan yang masih aktif. Selanjutnya, pusaka sakral tersebut dibawa keliling desa atau disebut kirab pusaka, yang dimeriahkan dengan kesenian tradisional dari masyarakat setempat.

Kepala Kelurahan Kebonagung, Indra Ariesta Ardy S.STP,ME mengatakan, bahwa kirab budaya tradisi tektur merupakan rangkaian kegiatan Sedekah Bumi (Bersih Desa red), yang dilaksanakan pada waktu bulan Muharram setiap tahunnya.

Baca Juga :  Panggung Kreasi Cinta Tanah Air, Bupati Magetan Bermain Musik Bersama Anak Jalanan.

“Sebelumnya kita juga sudah melakukan berbagai kegiatan seperti gotong royong dengan bersih-bersih lingkungan, Ziarah Makam Eyang Sundul, dan dilanjutkan dengan kirab budaya.

Selain itu, dilaksanakannya Kirab Budaya Tradisi Tektur tersebut adalah untuk mendoakan para leluhur, serta melestarikan adat istiadat jawa sebagai upaya untuk nguri-uri budaya yang sudah ada. “Kegiatan seperti ini, dilaksanakan setiap tahunnya. Semoga kedepan, masyarakat Kelurahan Kebonagung menjadi lebih maju, makmur dan sejahtera,” jelasnya.

Baca Juga :  Gembira Dan Terharu : Upacara Penyambutan Dan Pelepasan Kapolres Banyuwangi

Diketahui bahwa, pada masa pandemi Covid-19 saat ini, acara dikemas secara sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran covid-19 di Magetan. (Ren)

 879 total views,  30 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!