Blitar Tidak Masuk Program Alat Deteksi Tsunami


ARYA-MEDIA, Blitar – Kejadian tsunami yang baru terjadi di Pandeglang Banten mengingatkan pentingnya alat pendeteksi tsunami. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berencana bakal memasang 20 alat pendeteksi tsunami tersebar di seluruh Indonesia. Namun demikian, wilayah Kabupaten Blitar dipastikan tidak masuk dalam program pemasangan alat pendeteksi tsunami tetsebut. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Heru Irawan, Jumat (28/12).

Heru Irawan mengatakan, bahwa dirinya sudah diundang Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) beberapa pekan lalu terkait persiapan pemasangan 20 alat pendeteksi tsunami ini,

Baca Juga :  Hindari Virus Corona, Telaga Sarangan Tutup Sementara

“Sebenarnya sudah ada persiapan pemasangan alat pendeteksi tsunami. Namun belum sampai itu terpasang, sudah kedahuluan tsunami yang berada di Pandeglang Banten,” kata Heru Irawan.

Lebih lanjut Heru Irawan menyampaikan, wilayah Kabupaten Blitar memang tidak termasuk tempat yang akan dipasang alat deteksi tsunami.

“Pemasangan alat sendiri bakal tersebar, seperti disebelah Selatan bakal dipasang lurus dengan Bantul. Sementara arah ke Timur dipasang lurus dengan Nusa Tenggara Barat (NTB). Jadi memang jaraknya cukup jauh, karena menang jumlahnya kan masih 20 alat,” tandas Heru.

Baca Juga :  Catur Widayat Ditunjuk Bupati Sebagai Direktur RSUD Sayidiman Magetan

Ditambahkan Heru, mengingat kondisi saat ini tergolong rawan, pihaknya terus mengingatkan kepada masyarakat yang berada disekitar pantai baik wisatawan, pedagang, nelayan, maupun warga sekitar agar selalu waspada. Karena perkiraan gelombang rob beberapa waktu lalu telah mencapai 4 meter.

“Kita minta masyarakat terus waspada, apalagi ini mendekati perayaan tahun baru. Meski nanti tidak ada petugas khusus yang kita terjunkan, tapi kita pastikan terus menjalin komunikasi dengan petugas angkatan laut mauoun relawan,” pungkas Heru Irawan. (fjr-at/ops)

 1,100 total views,  9 views today

Baca Juga :  Persiapan Pilkades Di magetan, Sistem E-Voting Memudahkan Masyarakat Dalam Menentukan Pilihan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!