BLT Dana Desa, Bupati Ngawi : Gunakanlah Dengan Bijak


ARYA-MEDIA, Ngawi – Bupati Ngawi, Budi Sulistyo, menyerahkan secara simbolis  Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD), kepada warga terdampak Covid-19 di wilayah Kecamatan Padas dan Kwadungan Kabupaten Ngawi, Senin (18/05/20).

Bupati Ngawi menghimbau kepada masyarakat, agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan bijak. Karena, tidak tahu kapan pandemi Covid-19 akan berakhir, lantaran tidak dapat diprediksi.

“Sampai saat ini, belum bisa diprediksi sampai kapan pandemi covid 19 ini akan selesai. Maka dari itu, gunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya,” kata Mbah Kung, sapaan akrab Bupati Ngawi Budi Sulistyo, sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Ngawi, Senin (18/5).

Mbah Kung menjelaskan, bantuan Pemerintrah ini, merupakan salah satu program jaring pengaman sosial untuk penanganan Covid-19 yang menggunakan Dana Desa (DD). “Hal ini untuk menyisir kekurangan – kekurangan dari beberapa pos, baik bantuan tunai maupun non tunai,” jelasnya.

Selain itu, Pemerintah Desa (Pemdes) dalam penggunaan anggaran DD yang dialokasikan untuk BLT sebesar 5 persen, sesuai kesepakatan. “Anggaran DD dan ADD, juga digunakan untuk program jaring pengaman sosial padat karya, karena harus terbagi juga untuk pembangunan. Sehingga masyarakat yang bekerja di pembangunan, akan mendapat hasil,” terang Bupati Ngawi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Ngawi, Kabul Tunggul Winarno menungkapkan, penerima BLT DD di wilayah Kabupaten Ngawi berjumlah 6.128 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Seluruh Kabupaten Ngawi, jumlahnya 6.128 KPM. Ini sesuai dengan usulan dari desa, yang akan dicairkan selama 3 bulan kedepan dengan nominal Rp. 600 ribu per KPM,” pungkasnya. (Ren)

 3,972 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!