UA-163642268-1

BPBD Bahas Kajian Resiko Bencana Daerah, Ada 9 Jenis Resiko Bahaya di Magetan


ARYA-MEDIA | MAGETAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan Jawa Timur, menggelar Seminar Kajian Resiko Bencana tahap akhir. Bertempat di RM Harmada Joglo, tepatnya di Jalan Sawo Kecamatan/Kabupaten Magetan, Selasa (30/06/2021).

Bekerjasama dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, pengkajian resiko bencana di Kabupaten Magetan, diikuti jajaran TNI dan Polri, perwakilan seluruh OPD Magetan, Perwakilan Kecamatan hingga tingkat Desa, serta beberapa tim dari BPBD Magetan.

Kalaksa BPBD Magetan, Ari Budi Santosa mengatakan, pengkajian resiko bencana pada dasarnya untuk menghasilkan tingkat resiko bencana suatu daerah, melalui perhitungan tiga komponen. Yakni, bahaya, kerentanan dan kapasitas.

Baca Juga :  Terulang Kembali..!! Jebakan Tikus Beraliran Listrik Menelan Korban Jiwa

“Berdasarkan hasil gabungan kajian resiko bahaya, Kabupaten Magetan memiliki 9 jenis bahaya yaitu, banjir, banjir bandang, cuaca ekstrim, gempa bumi, gunung api, kebakaran hutan dan lahan, kekeringan, tanah longsor, dan pandemi Covid-19,” kata Ari, Rabu (30/06).

Ari juga berpesan, kepada seluruh instansi baik OPD, Kecamatan maupun Desa, untuk memberikan laporan kemampuan masing-masing dalam menghadapi bencana kedepan, bagi lokasi berpotensi bencana. “Saran dan masukan akan kami terima sebagai evaluasi penyusunan laporan Kajian Resiko Bencana di Magetan,” jelas Ari kepada Arya Media.

Baca Juga :  Rektor Unesa : Harus Optimis dan Tangguh Hadapi Era Covid-19

Sementara itu, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Magetan Suparman menambahkan, setelah dilakukan pemaparan untuk resiko bencana kabupaten, terdapat tambahan untuk kajian resiko bencana ditingkat Kecamatan dan Desa. “Semuanya usulan kita tampung, namun harus menunggu hasil kajian kabupaten yang akan menjadi rekomendasi ke tingkat bawah,” pungkasnya. (Ren)

 618 total views,  2 views today

Baca Juga :  FOIIN Berkunjung Ke Magetan, Bisa Ekplore Wisata Sampai Manca Negara


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!