BPD Dilarang Terlibat Panitia Pilkades


ARYA-MEDIA, Magetan – Persiapan Pemkab Magetan dalam menyambut Pilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019, gencar dilakukan. Adanya protes dari warga Magetan terkait penolakan Pilkades secara E-Votting, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab Magetan, gencar memberikan sosialisasi dan menata sistem dalam tahapan pelaksanaan Pilkades mendatang.

Sesuai Permendagri Nomor 65 Tahun 2017, pasal 47, tentang Perubahan atas Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa. Yang mengatakan bahwa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) berhak melakukan pembentukan panitia. Namun tidak berkecimpung atau tergabung dalam kepanitiaan Pilkades.

“BPD hanya melakukan pembentukan panitia Pilkades, tapi tidak tergabung menjadi panitia. Karena panitia sebagai pelaksanaan teknis dalam pemilihan kepala desa,” kata Eko Muryanto, Kepala DPMD Kab. Magetan, usai rapat koordinasi bersama seluruh Kepala Desa, Senin (5/8/2019).

Eko Muryanto mengaku, pihaknya bakal memberikan surat edaran kepada seluruh Desa di Magetan, untuk memperbaiki sistem kepanitiaan yang melibatkan perangkat BPD. “Kami akan berikan surat edaran agar seorang BPD tidak terlibat dalam kepanitiaan Pilkades. Bagi yang terlanjur, harus segera menggantinya,” tegasnya.

Selain itu, tugas BPD selain berhak membentuk panitia Pilkades, tugas utama yang harus dilakukan adalah memantau jalannya Pilkades berjalan aman dan lancar. “BPD harus terus memantau jalannya Pilkades nanti, mulai dari tahapan sampai dengan pencoblosan, itu adalah tugas BPD,” pungkasmya.

Sebagai informasi, tahapan Pilkades sudah dimulai sejak ditetapkannya Keputusan Bupati Nomor 188/184/kept/403.013/2019, bahwa tahapan pencairan BKK dimulai 30 Juli – 30 Agustus. Sedangkan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dilaksanakan Tanggal 9 November 2019, dan masa kampanye 19- 21 November. Sedangkan Pelaksanaan Pilkades serentak dengan sistem e-Voting maupun Manual akan digelar 27 November 2019. (ren)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *