google-site-verification: google13bd4c39d137e058.html

BPJS Ketenagakerjaan Dukung Peningkatan Kesejahteraan Pekerja UKM-IKM Nusantara


ARYA-MEDIA | SURABAYA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Surabaya Jawa Timur, melakukan sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.

“BPJS Ketenagakerjaan siap mendukung peningkatan kesejahteraan pekerja UKM IKM,” ujar Muhyidin, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa.

Dukungan tersebut muncul ketika Muhyidin menjadi narasumber, webinar berjuluk Upaya dan Strategi Dalam Meningkatkan Kualitas SDM UKM, sebagai salah satu Roda Perekonomian Bangsa. Acara tersebut diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Pusat ( DPP) UKM IKM Nusantara melalui aplikasi zoom, Senin (22/2/2021).

Baca Juga :  SAH... Abdurrahman Amin Didaulat Ketua SMSI Kaltim

Dijelaskan Muhyidin, bila suatu saat terjadi resiko sosial pihaknya akan memberikan perlindungan kepada pemilik perusahaan dan pekerja, sehingga tidak mengganggu segala aktivitas pekerja.

“Bila ada kecelakaan kerja kemudian setelah dilakukan pemeriksaan medis, pekerja dinyatakan masih proses penyembuhan maka BPJS akan memberikan gaji penuh yang selama ini diterimanya,” jelas Muhyidin, (22/2).

Baca Juga :  Rutinitas Wajib : Apel Sebagai Sarana Informasi dan Pembagian Kerja

Kemudian, tahun kedua masih dinyatakan belum bisa bekerja atas rekomendasi medis maka masih diberi gaji tapi 50 persen selama setahun. “Apabila dinyatakan oleh medis bahwa pekerja tersebut cacat seumur hidup, maka akan di beri santunan sebesar gaji yang di terima sebulan di kalikan 56,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPW UKM IKM Jawa Timur, Agung Santoso, menyambut baik ajakan BPJS untuk memberikan proteksi atau perlindungan bagi para pekerja supaya dalam bekerja merasa nyaman bila ada kecelakaan kerja yang muncul di luar dugaan.

Baca Juga :  Pasien Penderita ODGJ Nekat Gantung Diri

“Kiprah pelaku UKM IKM Nusantara yang mendapat dukungan dari perbankan, pemerintah dan berbagai institusi lembaga lain, kunci nya adalah terus menjaga sinergi untuk menjadi fokus dengan tujuan tertentu, yakni meningkatkan potensi pelaku UKM IKM agar yang di harapkan bisa tercapai,” pungkasnya. (Redk)

 108 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!