UA-163642268-1

BPKN Apresiasi Alat Deteksi Covid-19 Produk Dalam Negeri


ARYA-MEDIA | SURABAYA – Wakil Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia  (BPKN-RI),  M. Mufti Mubarok, mengapresiasi hadirnya Alat Deteksi Covid-19 GeNoSe, hasil karya inovasi anak bangsa.

Produksi dalam negeri tersebut sejalan dengan RPJMN Pemerintah tahun 2020-2024, dan program Menko Perekonomian RI  terdapat Agenda percepatan Pembangunan Nasional.

“Dalam RPJMN secara jelas terdapat amanat penumbuhan budaya  konsumen cerdas dan cinta produk dalam negeri, dan alat deteksi Covid-19 GeNoSe buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini diharapkan dapat meningkatkan penggunaan produk dalam negeri” ujarnya. M. Mufti Mubarok, Selasa (26/1/2021)

Baca Juga :  Latgab Tanggap Darurat Bencana PMI Bojonegoro

Mufti Mubarok, menjelaskan, produsen Alat Deteksi Covid-19 GeNoSe harus memperhatikan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Dimana konsumen memiliki hak  kenyamanan, keamanan dan keselamatan sebagaimana Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. “Hal ini dikarenakan saat ini Alat Deteksi Covid-19 GeNoSe akan mulai digunakan oleh masyarakat sebagai konsumen,” jelasnya kepada awak media.

Seperti diketahui, setiap akan melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi umum seperti pesawat udara maupun kereta api, diwajibkan melakukan test rapid antigen. Saat ini Alat Deteksi Covid-19 GeNoSe diklaim secara tarif lebih murah, juga lebih mudah dan nyaman penggunaannya.

Baca Juga :  Dandim Bojonegoro Ingatkan Anggota Jaga Netralitas TNI

GeNose rencananya akan digunakan pada simpul transportasi umum seperti; stasiun, bandara, pelabuhan, dan terminal. Harapanya, GeNoSe mendapat dukungan penuh dari pemerintah dan segera di produksi massal dan bisa dipakai pada ruang-ruang private. Nantinya bisa ke ruang ruang publik, mengingat penyebaran Covid-19 yang angkanya terus melambung tinggi,” ungkap Mufti Mubarok, (26/01).

Baca Juga :  Jelang Muktamar VII, PP IPHI Temui Dirjen AHU Menkumham

Sementara itu, kehadiran GeNoSe bisa menjadi komplementer dari produk deteksi Covid-19 yang sudah ada misalnya rapid test antibodi, rapid test antigen, dan swab PCR. “Dengan hadirnya detektor Covid-19 ini GeNoSe bisa menjadi alternatif yang murah, aman dan cepat, serta akurasinya yang lebih bagus. Sehingga konsumen bisa nyaman mendapatkan pelayanan prima di tengah pandemi yang tidak menentu,” pungkasnya. (Tim)

 858 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!