Bupati Magetan Launching Mobil Lab PCR BSL-2 “Siap Beroperasi”


ARYA-MEDIA | Magetan – Guna mengurangi persebaran covid-19 di Kabupaten Magetan, Bupati Suprawoto melaunching “Mobil Container Laboratorium Real Time PCR BSL 2”, untuk masyarakat dalam menangani pasien covid-19.

Mobil Lab PCR dengan Bio Safety Level 2 (BSL-2) milik Pemkab Magetan tersebut, merupakan satu satunya laboratorium swab berjalan yang ada di Jawa Timur.

Mobile Lab PCR milik Pemkab Magetan, secara resmi di laucing oleh Bupati Magetan Suprawoto, di halaman Pendapa Surya Graha, dengan dihadiri jajaran Satgas Covid-19 Kab Magetan, kepala OPD, jajaran Asisten I, II, dan II, serta Camat se-Kabupaten Magetan dan beberapa undangan lainnya. Sabtu (24/10/2020).

Baca Juga :  Napi Selundupkan Sabu Dalam Kemasan Roti, Dipergoki Petugas Lapas

Bupati Suprawoto mengatakan, bahwa mobil PCR ini memiliki spesifikasi 2 Laboratorium PCR dalam memudahkan dan mempercepat pemeriksaan tes swab. Sehingga dapat mempercepat pemeriksaan dan penanganan terhadap masyarakat apabila terkonfirm positif covid-19.

“Magetan sekarang memiliki dua Laboratorium, yakni berada di Rumah Sakit Sayudiman dan Mobil PCR,” kata Bupati Magetan, usai melakukan peresmian launching Mobile Container Laboratorium Real Time PCR BSL 2, Sabtu (24/10).

Dijelaskan Suprawoto, untuk mengetahui hasil pemeriksaan tes swap, hanya butuh waktu kurang lebih 4 jam. Mobil ini akan beroprasi pada hari Senen (26/10) besok. “Sebelumnya, untuk mengetahui hasil tes swab, kita harus menunggu selama 4 – 5 hari, dan harus kirim ke Surabaya dan memerlukan waktu yang cukup lama. Akan tetapi, dengan adanya mobil PCR ini, cukup hanya memerlukan 4 jam sudah selesai. Selain untuk Covid – 19, mobil ini bisa digunakan untuk yang lain, seperti pemeriksaan penyakit TBC, Jantung, Diabetes dan sebagainya,” jelasnya, kepada Arya Media.

Baca Juga :  Jadi Kendala : Mobil Siaran Kominfo Di Magetan Dinilai Tidak Layak Pakai

Sementara itu, Pemkab Magetan telah menggelontorkan anggaran sekitar Rp 3,9 Miliyar, yang bersumber dari APBD hasil refocusing anggaran tahun 2020. Menurutnya, Mobil Lab PCR bakal membantu kabupaten sekitar Magetan, untuk penanganan covid-19 dalam pemeriksaan swab pasien terkonfirm positif.

“Sekali raning, untuk Laboratorium Sayidiman hanya 12, tapi dengan mobil PCR ini sekali Raning bisa mencapai 32, dan 2 alatn didalamnya berarti sekali raning bisa 64 spesimen. Kalau sehari kalo non stop, bisa mencapai 400 sampai 500 spesimen, jadi bisa lebih cepat untuk mendeteksi pasien terkonfirm positif atau tidak,” Pungkasnya. (RW/Ren)

 4,117 total views,  30 views today

Baca Juga :  Polres Banyuwangi Musnahkan MIRAS & Knalpot Brong Hasil Operasi Cipta Kondisi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!