Catatan Perjalanan Bupati Madiun, Berfoto Mengenakan Batik Kampung Pesilat di Marine Corps War Memorial


ARYA-MEDIA, Madiun – Disela-sela padatnya jadwal pelajaran Bupati Madiun dalam kegiatan IVLP di Amerika Serikat, Bupati Ahmad Dawami Ragil Saputro menyempatkan diri berkunjung ke Arlington National Cemetery (Makam pahlawan Arlington), Selasa 4/2/2020 (waktu di Amerika Serikat).

Kaji Mbing, sebutan akrab Bupati Madiun, mengaku kagum karena masyarakat Amerika Serikat begitu mencintai pahlawan pendahulunya. Berikut cerita beliau saat berkunjung ke Arlington National Cemetery  (Makam pahlawan Arlington).

Disela-sela kepadatan jadwal pelajaran, saya sempatkan berkunjung ke Marine Corps War Memories US. Penghormatan kepada para pahlawan amerika yang sangat tingggi, sehingga dipilihlah arlington yang mana wilayah tersebut merupakan perbukitan sehingga terbebas dari banjir, dan tidak jauh dari Ibukota dan masuk wilayah Virginia.

Ini adalah bukti kongkrit USA sangat menghormati pahlawan. Makam ditata begitu rapi, berjajar di perbukitan yang sangat luas. Tempat yang dikhususkan bagi orang-orang yang berbakti, berkorban jiwa raga demi kejayaan Amerika.

Sertiap hari Pahlawan, juga dijadikan tempat berkumpul para keluarga pahlawan, masyarakat dan para Pejabat Amerika, dan masing-masing batu nisan, diberi bendera amerika. Dikawasan ini, juga, dibangun US Marine Corps War Memorial yang bisa menceritakan bagaimana marinir USA berperang melawan musuh demi tegaknya Negara Amerika.

Saya terdiam Amerika bisa maju, karena Amerika tempat menghormati para pahlawannya, orang amerika ketika melihat kawasan Arlington, pasti dibenak pikirannya akan timbul Nasionalisme, akan muncul rasa memiliki terhadap Negara ini. Negara ini tidak boleh dirusak karena didirikan dengan pengorbanan ribuan pahlawan yang di makamkan disini.

“Waktu saya cukup disini, agenda berikutnya menunggu. Semoga kita semua bisa mengambil pelajaran demi kemajuan Indonesia, Jawa Timur, dan Kabupaten Madiun”. (Kaji Mbing/Redk)

 1,167 total views,  9 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!