Catatkan Sejarah : Suksesnya MPN Gelar Diklat Jurnalistik Tingkat Nasional Angkatan Ke-1 Di Jawa Timur


ARYA-MEDIA, Banyuwangi – Usai sudah, Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Jurnalistik di Banyuwangi, yang di adakan oleh Majelis Pimpinan Pusat (MPP) bersama Korwil Majelis Pers Nasional (MPN) sejak tanggal 17 s/d 19 Desember 2018.

Selama 3 (tiga) hari MPP bersama Korwil MPN Kabupaten Banyuwangi, menggelar Diklat Jurnalistik Tingkat Nasional Angkatan pertama, yang Bertempat di Agro Wisata Alam Indah Lestari (AIL) Desa Karangbendo, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur.

Kegiatan tersebut adalah catatan sejarah kali pertama organisasi media Majelis Pers Nasional MPN yang beranggotanya 100 lebih Perusahaan media itu. Tak tangung – tanggung MPN yang punya keinginan meningkatkan profesionalisme wartawan, mendatangkan pemateri para Akademisi yang tidak diragukan lagi keilmuan dan reputasinya.

Baca Juga :  Tingkatkan Physical Distancing, Dandim Bojonegoro Bersama Dinas Intansi Pantau Pasar

Di penghujung kegiatan, peserta mendapatkan pembekalan materi Wawasan Kebangsaan dari Prof. Dr. H. Moh. Khusnurridlo, M.Pd yang juga orang Lemhanas. Tentang ilmu Tehnik Penulisan Berita dan KEJ didatangkan Pemateri Dosen IAIN Jember Dr. Kun Wazis, M.I.Kom.

Sementara untuk Tehnik Investigasi dan bagaimana cara membedah kasus, oleh Sekjen MPN Drs. Udilaksono yang puluhan tahun makan asam garam dunia Pers. Dibantu Ketua Umum MPN H. Umar Wirohadi, SH.,MM yang juga jebolan Lemhanas.

Baca Juga :  Polda Jatim Tetapkan 6 Tersangka Penyelewengan Solar Bersubsidi

Praktek lapangan pada Rabu 19/12/2018 adalah bom waktu yang meletus penanda puncak dari pelaksanaan Diklat Jurnalistik. Yang mana para wartawan dituntut mempraktekkan tiori – tiori yang didapat dari Pemateri 2 ( dua ) hari sebelumnya. Dan pada waktu yang sama penentuan hasil Diklat berupa penilaian yang akan tertuang pada Sertifikat masing – masing peserta.

Setelah serangkaian proses pelaksanaan Diklat tuntas secara keseluruhan, Rabu sore sekira pukul 15.30 Wib, dilangsungkan upacara penutupan Diklat. Yang mana sebagai penanda dihentikannya Diklat Jurnalistik Tingkat Nasional Angkatan Ke – 1 Ketum MPN H. Umar Wirohadi, SH.,MM bunyikan alat musik Vercusy (Drum) bak Rokker era 80 an. Tunai sudah akhirnya para wartawan peserta Diklatpun menerima Sertifikat dari Majelis Pers Nasional hari itu juga.

Baca Juga :  Seorang Simpatisan Meninggal Saat Pasang Bendera Partai

Suka duka selama 3 (tiga) hari bertemunya wartawan dari berbagai Kota dan Kabupaten di lokasi Diklat. Ternyata jadi perekat silaturrahmi dan terbangun hubungan emosional yang kuat. Namun memang sudah tiba saatnya, berakhirnya kegiatan Diklat mengharuskan perpisahan itu terjadi. Jabat tangan dan saling berpelukan pun menjadi bumbu tanda perpisahan dan kepergian para wartawan pulang kembali ke daerah masing – masing.(rdy35/redk)

 608 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!