Cegah Banjir, Drainase DD Tahap II Desa Guyung Tuntas Sesuai RAB


ARYA-MEDIA, Ngawi – Pembangunan fisik tahap dua dari program Dana Desa (DD) tahun 2019 sudah selesai dikerjakan dan sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Pembangunan saluran drainase di Desa Guyung, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi tersebut, membuat masyarakat senang karena apa yang mereka inginkan dapat terwujud dan sesuai harapan, sebagai penangkal banjir saat musim penghujan datang.

Pejabat Sementara (Pj) Kepala Desa (Kades) Guyung Sujito menjelaskan, pembangunan fisik tahap di Desa Guyung, semuanya sudah dikerjakan sesuai RAB. Saat ini sudah mulai pembangunan ADD tahap dua dan bahkan sudah selesai.

“Pencairan Dana Desa 40 persen, sudah dialokasikan di beberapa pembangunan. Bahkan, sebagian bangunan ada yang sudah selesai” kata Pj Kades Guyung, Jum’at (4/10/2019).

Pembangunan Saluran Drainase Dilokasi Dusun Guyung 1, RT.07/RW.01, Desa Guyung, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi.

Tahapan pembangunan kali ini, akan dibangun sarana prasarana (Sarpras) Desa. Salah satunya adalah untuk pembuatan saluran drainase di Dusun Guyung 1, RT.07/RW.01, Desa Guyung. “Pembangunan dilakukan dengan sistem swakelola, untuk pemberdayaan masyarakat setempat. Kedepan, kami mohon kerjasama dari semua pihak agar pembangunan ini dapat dipelihara bersama-sama,” terang Sujito.

Sementara itu, ketua TPK Rezad Miftachul Huda menyampaikan, pembangunan drainase menggunakan anggaran DD 2019 Tahap II sebesar Rp. 137.400.000, dengan panjang 253 meter dan volume tinggi 0,75 meter. Semuanya sudah tuntas dikerjakan dengan kwalitas yang sangat baik. “Untuk pekerjaannya dilakukan oleh warga sekitar sesuai anggaran, supaya manfaat dana desa benar-benar terasa oleh warga masyarakat,” jelasnya, (4/10).

Di tempat terpisah, Bendahara Desa Guyung, Supriyanto juga mengatakan, terkait dengan Dana Desa tahun 2019 sudah melalui proses musyawarah untuk pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dengan post anggaran hasil kesepakatan bersama.

“Masyarakat menyambut baik adanya program pembangunan drainase dan pembangunan infrastruktur lainnya. Terbukti saat pelaksanaan pembangunan, masyarakat ikut membantu secara gotong royong demi kemajuan desa,” pungkasnya. (ren)

#DANADESA #DRAINASE #DESAGUYUNG #NGAWI


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *