Cegah Penyebaran Covic-19, Fasum Kecamatan Sediakan Tempat CTPS


ARYA-MEDIA, Magetan – Untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19 yang sudah merebak secara global, salah satunya dengan selalu menjaga kesehatan melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), yaitu dengan cara Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sesering mungkin setelah beraktifitas.

Sesuai dengan Instruksi Bupati Magetan, No.2 Tahun 2020, tentang Kewaspadaan Terhadap Resiko Penularan Corona Virus Disease (Covid 2019), bahwa Pemerintah bersama Lembaga, serta Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) lainnya, agar memberikan sarana CPTS di tempat Fasilitas Umum (Fasum), atau ruang tunggu public seperti, tempat bermain, taman, ruang tunggu terminal, stasiun, serta kantor-kantor pelayanan umum bagi masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kecamatan Karas Kabupaten Magetan, juga menyediakan tempat CTPS untuk masyarakat, di depan gedung fasilitas umum pelayanan masyarakat.

“Sesuai dengan Intruksi Bupati Magetan, kami menyediakan tempat CTPS di depan pintu masuk ruang pelayanan, agar masyarakat yang datang terbiasa untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Hal ini sebagai upaya mendorong Pemerintah dalam mencegah penyebaran Virus Covi-19 atau Corona,” kata Suwito, Kepala Kecamatan Karas, Rabu (18/03/2020).

Selain itu, Camata Karas juga mengintruksi kepada Pemerintah Desa (Pemdes) dibawah naungannya, untuk menyediakan tempat CTPS pada sarana pelayanan di tingkat perdesaan. “Kami sudah mengintruksikan semuanya, dalam pemasangan ada yang representatif ada yang ala kadarnya. Dan bagi yang ala kadarnya saya suruh rubah, karena ini merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat,” terangnya.

Disisi lain, Camat Suwito berharap bahwa, peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam sosialisasi tersebut. Karena, selain Pemerintah bersama seluruh Lembaga, masyarakat harus berperan aktif untuk selalu menjaga kebersihan dengan menerapkan pola hidup sehat.

“Hal ini diperlukan kebersamaan dan kerjasama antara Pemerintah dengan masyarakat, untuk mendukung gerakan serentak Pemerintah dalam mencegah penyebaran Virus Corona atau Covi-19 tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, hasil survey di lapangan menunjukkan bahwa, ada beberapa desa atau fasilitas umum di wilayah kecamatan lain masih belum menerapkan hal sama, yaitu memberikan sarana CTPS di tempat fasilitas umum . Hal itu membuktikan, perlua adanya kesadaran masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, agar gerakan serentak Pemerintah dalam mencegah penyebaran Virus Covid-19 yang sedang mendunia, dapat tercapai dengan maksimal. (Ren)

 2,042 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!