Cegah Penyebaran Covid-19, Dua Desa di Kecamatan Karangrejo Isolasi 4 Pemudik


ARYA-MEDIA, Magetan – Sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di wilayah Kabupaten Magetan, Pemerintah menghimbau kepada seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) untuk melakukan isolasi bagi warga perantauan yang mudik ke kampung halaman.

Hal itu dilakukan oleh Pemdes Patihan Kecamatan Karangrejo, dengan melakukan pengawasan ketat kepada pemudik yang pulang kampung. Pemdes Patihan memberlakukan wajib karantina bagi warganya yang mudik dari luar daerah, untuk diisolasi selama 14 hari kedepan.

“Bagi warga Patihan yang mudik, kita wajibkan untuk karantina. 1 warga sudah menjalani karantina sejak (11//04) lalu, dan hari ini bertambah satu orang lagi,” kata Amin Supriyadi, Kepala Desa (Kades) Patihan, Kecamatan Karangrejo, Kab Magetan, Rabu (15/04/2020).

Kepala Desa Patihan, Lakukan Pengecekan Suhu Kepada Pengunjung Dengan Menggunakan Thermo Gun.

Kades Patihan menjelaskan, 2 orang warga Patihan yang melakukan karantina, dengan sukarela mendaftarkan diri untuk diisolasi di tempat ruang isolasi yang disediakan oleh Pemerintah Desa. “Mereka semua menawarkan diri untuk di karantina. Alhamdulillah warga Patihan sadar dan paham tujuan dari isolasi ini. Semua ini demi kepentingan bersama, dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Magetan,” ungkapnya.

Hal senada, juga diungkapkan Kepala Desa Grabahan Bambang Wahyu Santoso mengatakan, bahwa Pemdes Grabahan telah mengisolasi 2 warganya yang baru pulang dari perantauan.

“Untuk Desa Grabhan ada 2 orang yang dikarantina. Dua orang tersebut mulai masuk tanggal 10 dan 11 April lau. Semuanya kita tamping di Kantor Desa Grabahan,” ujarnya kepada Arya Media, Rabu (15/04).

Perlakuan yang sama juga dilakukan Pemdes Grabahan, sebagai wujud antisipasi Desa dalam mencegah Penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Magetan, khususnya di Desa Grabahan Kecamatan Karangrejo.

“Setiap hari, petugas kesehatan melakukan pengecekan kesehatan terhadap warga kami yang diisolasi,” jelas Bambang.

Sementara itu, pengecekan dari Polsek Karangrejo juga terus dilakukan, dengan patroli rutin untuk meninjau kondusifitas kewilayahan, sekaligus memantau pemudik yang datang di desa masing-masing. (Ren)

 1,530 total views,  5 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!