Cegah Timbulnya Klaster Baru, Rapid Test Masal Dilakukan di Pasar Tradisional


ARYA-MEDIA, Bojonegoro – Bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Sumberejo, jajaran TNI, Polri, serta dinas instansi terkait, ikut mendampingi pelaksanaan rapid test oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu (30/5/2020).

Rapid test tersebut, diperuntukkan para pedagang yang ada di Pasar Tradisional Kecamatan Sumberejo. Selain itu, Dinkes Kabupaten Bojonegoro juga melaksanakan rapid test masal dua pasar tradisional yang berbeda tempat, yaitu di pasar Kecamatan Baureno dan pasar Kecamatan Kalitidu.

Dengan bertambahnya jumlah pasien positif covid-19 di wilayah Bojonegoro, Dinas Kesehatan menyisir secara acak para pedagang dengan menyediakan 100 alat rapid test, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Ani Pujiningrum, mengatakan, Rapid test massal dilakukan karena pasar tradisional menjadi tempat berkumpulnya banyak orang dalam bertransaksi jual beli untuk kebutuhan bahan pokok.

“Rapid tes ini dilakukan guna mencegah penyebaran covid-19. Dan kita tidak menginginkan adanya klaster pasar bermunculan lagi,” ujarnya.

Sementara, Danramil Sumberejo Kapten Inf Riyanto, menghimbau kepada masyarakat, khususnya warga Kecamatan Sumberejo untuk selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka mencegah penyebaran covid-19. 

“Dengan membiasakan diri hidup bersih dan sehat, sering mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah serta menjaga jarak aman atau physical distancing, maka kita dapat mencegah penyebaran virus tersebut,” jelasnya. (Pen/Ren)

 434 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!