google-site-verification: google13bd4c39d137e058.html

Ciptakan Swasembada Daging, Pemkab Ngawi Berikan Bantuan Bibit Sapi Lokal PO


ARYA-MEDIA, Ngawi – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi, dalam rangka menggalakkan swasembada daging, para peternak sapi yang tergabung dalam kelompok peternak “Tani Jaya” Desa Ploso Lor, Kecamatan Karangjati, Kab. Ngawi, akan menerima bantuan bibit sapi lokal.

Dinas Pertanian Kab Ngawi melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, akan membagikan 15 ekor bibit sapi lokal kepada warga peternak sapi. Hal tersebut sebagai perangsang kepada kelompok tani peternak untuk mengembangkan sapi local PO (Peranakan Ongole), serta melestarikan sapi local Indonesia.

Baca Juga :  LP3KB Adukan Oknum Guru Yang Ngemplang Dana PIP Ke Polisi

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh pejabat desa, kasi penyuluh lapangan serta kasi bidang peternakan dari Dinas Pertanian kabupaten Ngawi. Selain memberikan bantuan ternak, juga diberikan penyuluhan kepada sejumlah kelompok ternak, yang bertujuan untuk bekal agar setelah dapat bantun ini nantinya bisa melanjutkan dan mengembangkan program ini sesuai tujuannya.

Kabid Peternakan, Indah mengatakan, untuk bantuan bibit ternak sapi PO yang diberikan kepada kelompok tani, tidak boleh diperjual belikan tanpa alasan yang dibenarkan, wajib dipelihara dan dikembangkan untuk sebesar-besarnya dalam kemakmuran seluruh anggota kelompok.

Baca Juga :  Ada Kejanggalan Program PUAP, Polres Magetan Segera Panggil Camat

“Segala sesuatu yang berkaitan dengan keluar masuk dan perkembangan ternak sapi bantuan, dituangkan di dalam pembukuan kelompok masing-masing dengan tertib dan dapat dipertanggungjawabkan. Dan setiap 3 bulan sekali tiap kelompok tani wajib melaporkan ke Dinas Pertanian sebagai bentuk pelaporan dan monitoring perkembangan ternak”, tuturnya.

Lanjut Indah, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya Pemerintah dalam rangka swasembada daging. “Hal ini mendasar adanya masalah yang dialami setiap tahunnya, terutama pada momen hari raya yang selalu muncul permasalahan kelangkaan daging dipasaran. Maka dari itu, ini merupakan langkah awal Pemerintah Kab. Ngawi untuk mengantisipasi kelangkaan Daging dengan pengembangan ternak sapi lokal”, terang Kabid Peternakan.

Baca Juga :  Layanan Buruk, Pelanggan MOLA TV Adukan Ke YLPK Jatim

“Harapannya adalah, dengan bantuan ini khususnya masyarakat  peternak sapi dapat mengembangkan ternak bantuan ini. Sehingga permasalahan kelangkaan daging yang biasa terjadi dipasaran saat momen hari raya bisa teratasi, sekaligus sebagai penghasilan tambahan bagi anggota kelompok tani dalam mensejahterakan masyarakat”, pungkasnya. (ren/adv)

 

 2,462 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!