Dampak Covid-19 : Selain Bantuan Langsung Tunai, Pemerintah Berikan BST


ARYA-MEDIA, Magetan – Menghadapi pandemi Covid-19 di wilayah Magetan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan terus berupaya memberikan bantuan kesejahteraan kepada warga terdampak Virus Corona (Covid-19).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Magetan, Yayuk Sri Rahayu mengatakan, Pemerintah pusat memberikan beberapa bantuan ke daerah berdasarkan Dasar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat Penerima Keluarga Harapan (PKH) berupa bantuan sembako.

“Karena adanya situasi wabah Covid ini, ada tambahan program Sembako Covid yang akan dimulai bulan April sampai dengan Desember,” katanya, Jumat (24/04/2020).

Selain itu, Kementrian Sosial (Kemensos) juga memberikan Bantuan Sosial Tunai (BST) berupa uang tunai sebesar 600 ribu perbulan selama 3 bulan sesuai data DTKS pusat. “Setelah dikurangi bantuan-bantuan dari pemerintah pusat, sisanya akan dibebankan pada desa atau kelurahan. Untuk desa dibebankan dari APBD, sedangkan untuk Kelurahan dibebankan dari dana BTT (Belanja Tak Terduga),” jelas Kepala Dinsos Kab. Magetan.

Kepala Dinsos Magetan menghimbau kepada Pemerintah Desa untuk memverifikasi data di lapangan agar tepat sasaran. “Pemerintah pusat memberikan data sesaui by name by adress, tetapi kami sampaikan ke desa untuk diadakan verifikasi. Kalau ternyata di lapangan ada warga yang belum tercatat di DTKS, maka pihak desa atau kelurahan bisa mengusulkan warganya untuk mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Sementara itu, Pemerintah pusat memberikan bantuan kepada masyarakat berdasarkan DTKS sesuai indeks kemiskinan. “Jadi yang mengusulkan mampu atau tidak mampu bukan dari Dinsos, melainkan dari desa atau Kelurahan itu sendiri,” pungkasnya. (Ren)

 4,825 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!