Dampak Covid-19, Stok Darah PMI Ngawi Menipis Drastis


ARYA-MEDIA, Ngawi – Virus Corona (Covid-19) melanda, membuat stok persediaan darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ngawi mengalami kekurangan. Pasalnya, banyak pendonor darah yang mengundurkan diri akibat ketakutan dengan adanya wabah virus tersebut.

“Biasanya kita dapat darah sekitar 800-900 kantong dari pendonor. Setelah ada wabah Corona banyak kelompok pendonor yang mengundurkan diri,” kata Sri Indriyanti, bagian teknisi Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Ngawi, Senin (13/04/2020).

Banyaknya permintaan darah yang terus bertambah, membuat stock darah PMI Kabupaten Ngawi tidak mencukupi. Sehingga, pihak PMI menghubungi para pendonor agar melakukan donor mandiri ke PMI.  

“Kita sempat panik, kemarin pernah terjadi kekosongan. Apabila ada pasien yang membutuhkan darah, kita alihkan kepada keluarga pasien untuk mendonorkan darahnya,” jelasnya.

Sri Indriyanti menghimbau kepada masyarakat agar jangan takut untuk mendonorkan darahnya. Karena PMI menjamin kebersihannya dengan melakukan penyemprotan Disinfektan agar terhindar dari Virus Corona.

“Banyaknya pendonor yang mengundurkan diri, selain adanya Sosial Distancing, mereka juga takut tertular oleh Covid-19,” pungkasnya . (Ren)

 660 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!