Danramil 0804/03 Panekan Hadiri Pengesahan APBDes 2018 Desa Tanjungsari



Magetan, Arya Media – Rapat pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja dan Pendapatan Desa (APBDes) 2018, Desa Tanjungsari, kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, berlangsung dikantor desa tanjungsari, Rabu siang (10/01/2018).

Acara yang berlangsung pukul 10.00 WIB, dihadiri forkopimka panekan ( Camat panekan Djuri, S sos,  Danramil 0804/03 Panekan Kapten Inf Kiswanto.SE dan kapolsek AKP sukarno),  Kepala desa  dan perangkat desa, Ketua BPD dan anggota, Ketua RT dan RW, Tokoh masyarakat  serta tamu undangan berjumlah kurang lebih 60 orang.

Pengesahan tersebut menyampaikan bidang -bidang pembangunan yang telah dirapatkan sebelumnya pada Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) 2017 lalu. Hasil Musrenbangdes yang dituangkan dalam pagu APBDes 2018 dirapatkan kembali guna menyepakati serta menetapkan pengunaan APBDes tersebut.

Baca Juga :  Terperosok Lagi.... Kebiasaan Pak Naryo Harus Adaptasi Jalan

“Hari ini kita telah mengesahkan pelaksanaan APBDes tahun 2018,” ujar Kepala Desa Tanjungsari, Suawarso.

laporan kegiatan anggaran desa yang di sampaikan oleh kepala desa Tanjungsari (Suwarso), kami atas nama pemerintahan desa tanjungsari mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran bapak bapak pada acara Apbdes desa tanjungsari ini. Sebelum kegiatan ini, kami beserta ketua BPD sudah melaksanakan pra dengan musyawarah yang menghasilkan mufakat.

Dalam sambutannya, Camat Panekan Djuri S. Sos. Mengatakan, penetapan ini ada regulasi baru, sebelum ditetapkan harus diklarifikasi penyusunan, perencanaan, pelaksanaan dan laporannya, karena menyangkut pengelolaan keuangan, agar menghasilkan yang terbaik. Laporannya harus transparan apalagi menyangkut tetang pembangunan.

Baca Juga :  Akibat Konsleting Listrik, Rumah Bagian Dapur Ludes Terbakar

“Pemerintah ingin mencari inspitorat, oleh sebab itu perencaan, pelaksanaan dan laporan harus baik, dan dilakukan secara rutin. Tiga hal ini pemerintah desa harus di perhatikan”, tutur Camat Panekan.

Masih dengan Djuri menambahkan, “Pemerintah juga menghimbau, kepada masyarakat utk kesadaran membayar pajak tepat waktu. Tahun ini tahun politik saya berharap agar masyarakat desa tanjungsari walaupun beda pilihan tetapi tetap jaga persaudaraan, semoga Magetan nantinya bisa terpilih pemimpin yang betul-betul amanah”, ungkapnya.

Adapun pelaksanaan APBDes yang disahkan terbagi dalam empat bidang yakni, bidang penyelenggaraan Pemerintahan Desa, bidang pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan dan Pemberdayaan.

Baca Juga :  Kirap Nayoko Projo Andum Berkah Bolu Rahayu, Budaya Ciri Khas Magetan

“Semua penganggaran bidang itu kita sahkan bersama, sebagai acuan penyelenggaraan pemerintahan serta pelaksanaan pembangunan infrastruktur tahun ini,” tandasnya.

Dijelaskan pula, untuk bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, yakni staf  Desa, operasional Kantor, operasional BPD, RT, RW, Sarana dan Prasarana serta Pilkades. Sedangkan bidang pembangunan, lanjutan pembangunan, semenisasi jalan, pengalian parit, bangun badan jalan baru. Dan untuk bidang pembinaan kemasyarakatan yakni, perlindungan masyarakat atau Linmas desa. Kemudian, bidang pemberdayaan, penyertaan BUMDes, pengembangan masyarakat dan peningkatan kapasitas”, pungkasnya. (tsr 0804/redk)

 1,613 total views,  6 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!