Dapatkan Kuota 10 KK di Tahun 2020, Disnaker Magetan Siapkan Calon Transmigran Produktif


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satunya dengan Program transmigrasi untuk mengurangi pengangguran dan kemisikinan di wilayah Kabupaten Magetan.

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Magetan, telah mendapatkan kuota 10 Kepala Keluarga (KK) dari Provinsi Jawa Timur (Jatim), untuk mengirimkan warga Magetan sebagai transmigran pada Tahun 2020 saat ini.

“Tahun 2020 ini, kita mendapatkan kuata 10 transmigran dari Provinsi. Rencananya akan dikirimkan ke wilayah Sumatera Selatan diantaranya Palu, Bulungan, Lubu Timur, dan Paser,” kata Rudy Harsono, Kepala Disnaker Kabupaten Magetan, Kamis (30/01/2020).

Selain 10 kuota transmigran, Kepala Disnaker Kabupaten Magetan optimis akan mendapatkan tambahan kuota dari Provinsi karena keberhasilannya dalam membentuk karakter calon transmigran yang produktif.

“Biasanya kita mendapatkan kuota tambahan dari Provinsi, karena transmigran yang kita kirimkan sebelumnya sudah mendapatkan pelatihan agar menjadi produktif. Semoga Pemprov memberikan kuota tambahan lebih,” ungkapnya.

Dijelaskan Rudy, pihaknya telah mencatat sebanyak 35 KK warga Magetan yang mendaftar dan berminat untuk bertransmigari. “Untuk wilayah Magetan, pendaftar didominasi dari Kecamatan Parang, sebagian Takeran, Karas dan Lembeyan. Dan sampai saat ini, ada 35 KK yang sudah mendaftar,” jelasnya kepada Arya Media, (30/01).

Selain itu, para calon Transmigran harus melewati seleksi terlebih dahulu dari Disnaker Kabupaten Magetan sebelum diberangkatkan. Dengan dibelaki pelatihan peningkatan SDM, Pemkab Magetan juga memberikan bantuan peralatan bertani, Lampu Penerangan (Solar Cel), Bibit Pertanian dan Uang saku.

“Mereka disana akan mendapatkan rumah dan pekarangan, serta lahan seluas 1 hektar. Dan 1 hektar lagi akan didapatkan 2-3 tahun kemudian,” pungkasnya. (Ren)

 796 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!