Demi Keutuhan NKRI, Kemenhan Serahkan Pesawat Tempur F-16


Magetan, Arya Media – Demi mewujudkan pertahanan NKRI dan menghadapi berbagai ancaman nyata yg berpotensi mengganggu Stabilitas Keamanan Negara Kesatuan Republik indonesia, Kementrian Pertahanan Negara (kemenhan) menyerahkan 24 unit pesawat tempur jenis F-16 EDA.

Dengan upacara serah terima, bertempat di Main Apron Lanud Iswahyudi Kabupaten Magetan, Rabu 28 Februari 2018, pukul 08.00 Wib. Dihadiri oleh Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu, perwakilan Pemerintah Amerika Serikat Daniel M.Donovan, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, kepala staf angkatan, serta pejabat teras TNI.

Baca Juga :  Tradisi Tahunan Magetan "Kirap Nayoko Projo Dan Andum Berkah Bolu Rahayu 2018"

Rangkaian upacara serah terima dimeriahkan dengan pertunjukan tari cunduk menur oleh para siswa SMK Penerbangan Angkasa, Wanita Angkatan Udara (WARA), Reog Ponorogo, kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan Formasi Fly Pas dengan 10 pesawat F-16. Banyak ragam formasi yang ditampilkan yaitu, Formasi yang menbentuk Arrow Head Formation di ketinggian 800 feet, dan formasi 9 pesawat F-16 yg bermanuver bomburst.

Dalam sambutannya, Menhan Ryamizard Ryacudu mengatakan bahwa, dalam mewujudkan stabilitas keamanan Negara Republik Indonesia yang lingkungannya strategis, merupakan bagian integral dari kepentingan Negara. Sehingga dapat mencermati perkembangan situasi yg mengancam perdamaian dunia, dan stabilitas kawasan Negara, supaya dapat mengambil langkah-langkah kongkrit dan konstruktif. Sebanyak 24 Unit pesawat F-16 ini rencananya akan ditempatkan di Skuadron Udara 16 Lanud Pekanbaru sebanyak 16 unit, sedangkan 8 unit lagi akan ditempatkan di Skuadron Udara 3 Lanud Iswahyudi.

Baca Juga :  9 Pejabat Tinggi Pratama Resmi Dilantik Bupati Magetan

“Penyerahan pesawat F-16 ini merupakan bagian integral dari perwujudan gelar pertahanan negara smart power guna menghadapi berbagai dimensi ancaman nyata dan belum nyata yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan NKRI,” kata Ryamizard Ryacudu.

Ryamizard Ryacudu juga berharap kepada panglima TNI beserta staf dan seluruh prajurit, untuk senantiasa merawat dan memelihara alutsista ini dgn sebaik-baiknya, sehingga pesawat ini memiliki usia pakai yg optimal. Hal ini merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada rakyat, karena telah dihadiahkan alutsista modern yg berkemampuan dan berteknologi tinggi”, pungkasnya. (ulf/andk/redk)

 999 total views,  3 views today

Baca Juga :  Warga Keterbelakangan Mental Ditemukan Meninggal di Sawah, Diduga Tersengat Listrik Dari Jebakan Tikus


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!