Demi Magetan Indah, Tiga Puluh Empat PKL Akan Dipindahkan Pemkab


ARYA MEDIA, Magetan – Dalam rangka meningkatkan kenyamanan, ketertiban, dan keindahan, Pemerintahan Kabupaten Magetan melakukan penataan ulang kota pada alun-alun yang berada di depan pendopo Kabupaten, melalui intansi terkait mulai dari Dinas Perkim, DLH, dan Dishub. Semua itu dilakukan untuk mengembalikan Magetan Kumandang menjadi kota yang indah.

Melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Magetan juga ikut andil dalam penataan kota yaitu alun-alun seperti pada fungsinya maka akan membersihkan dan memindahkan para pedagang kaki lima (PKL) yang ada di sekitaran alun-alun ke tempat yang layak yang sudah disediakan oleh Pemkab Magetan. Sesuai dengan fungsinya bahwa alun-alun itu menjadi tempat bermain, olah raga, dan tempat rekreasi, bukan sebagai tempat berjualan.

Baca Juga :  Usai Pembukaan TMMD 102, Satgas Kodim 0820 Langsung Bongkar Rumah

“Dinas perkim bemberikan fasilitas untuk pedagang kaki lima (PKL) disekitaran alun-alun, yaitu dengan menepati yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Magetan, melalui rapat dan disetujui di dalam forum paguyuban para pedagang. Ada 34 PKL yang akan dipindah ke bidak yang sudah tersedia.” ungkapan Rudi Subagyo SH. MM selaku Kepala Dinas Perkim, Rabu (04/04/2018).

Rudi menambahkan bahwa, Pemerintah Kabupaten Magetan akan mengembalikan alun-alun ini sebagaimana fungsinya, lahan dulunya dibuat dagang akan di gunakan tempat parkir. Sebelum dilaksanakan pemindahan, para pedagang kita ajak rembuk atau rapat supaya memahai dalam meningkatkan kenyamanan keindahan alun-alun Magetan”, ungkap Rudi.

Baca Juga :  Tes Seleksi Anggota KPU Kota Madiun Diprotes Peserta

Ditempat yang berbeda saat dikunjungi wartawan arya-media, Agung Luwis S.sos.MM selaku Plt dari Dinas Lingkung Hidup (DLH) menerangkan bahwa dari DLH juga ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan alun-alun bilamana sudah terelaisasikan, Kamis (05/04/2018).

“DLH juga memiliki peran untuk menjaga kebersihan jalan, dan lingkungan alun-alun Magetan. Kami hanya mefasilitasi pengangkutannya saja, yang mana pedagang akan membuang pada tempat yang sudah disediakan selanjutnya akan kami angkut untuk ke pembuangan limbah.” terangnya Agung Luwis S.sos.MM

Baca Juga :  Komite SMKN 1 Geneng Ajak Wali Murid Rembuk Gedung Kelas, Demi Peningkatan Mutu Dan Kualitas Sekolah

Berbeda dengan ungkapan Plt Dinas Perhubungan (Dishub), Siran menegaskan bahwa dari Dishub akan menerjunkan jukir di alun-alun untuk penataan parkir, dan akan memberlakukan retribusi parkir sesuai Perda yang berlaku demi kenyamanan pengunjung.

“Kami akan menerjunkan juru parkir (Jukir) di lingkungan alun-alun, untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan bagi kendaraan pengunjung. Dimana Jukirya kita bekali kartu peserta dan karcis yang sudah di setujui oleh perda. Tenang saja, ongkos dari parkir sudah disesuaikan dari Perda, apabila ada Jukir yang liar maka akan kami tangkap”, pungkas Plt Dishub. (Tin/Redk)

 1,004 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!